6 Tips Sukses Membuka Usaha Laundry Yang Menghasilkan Omzet Puluhan Juta
6 Tips Sukses Membuka Usaha Laundry Yang Menghasilkan Omzet Puluhan Juta

6 Tips Sukses Membuka Usaha Laundry Yang Menghasilkan Omzet Puluhan Juta

Tips Memulai Usaha Bisnis Laundry - Para pelaku bisnis laundry pun bukan hanya dari kalangan keluarga, orang tua, bahkan peluang usaha laundy ini juga termasuk kedalam bisnis untuk mahasiswa yang ingin menghasilkan uang untuk membayar uang kuliah ataupun memenuhi kebutuhan sehari-hari.


tips membuka usaha laundry, peluang bisnis laundry kiloan, peluang usaha laundy kiloan, tips berbisnis laundy

Para pelaku bisnis laundry pun bukan hanya dari kalangan keluarga, orang tua, bahkan peluang usaha laundy ini juga termasuk kedalam bisnis untuk mahasiswa yang ingin menghasilkan uang untuk membayar uang kuliah ataupun memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Modal awal yang besar, pangsa pasar yang sulit sampai lokasi yang kurang strategis menjadi permasalahan para pengusaha. Hal tersebut kerap dikeluhkan oleh pelaku pebisnis yang ingin memulai usaha mereka, terutama di bidang laundry.

Peluang Bisnis ini memang terlihat begitu menggiurkan, tetapi tak jarang membuat pemiliknya harus gulung tikar. Alasannya cukup beragam, mulai dari manajemen yang kacau, karyawan yang tak sanggup memenuhi target, hingga saingan yang kian banyak.

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, sebenarnya ada cara paling mudah mempertahankan bisnis laundry anda tetap bertahan. Berikut beberapa hal yang harus diterapkan oleh para pengusaha laundry, seperti:

inilah 6 Tips Sukses Membuka Usaha Laundy yang Menghasilkan Omzet Besar



1. Tentukan target pasar

Anda harus benar-benar paham siapa target pasar yang tengah diincar. Apakah para mahasiswa atau pekerja kantoran yang tak punya waktu mencuci dan setrika atau rumah tangga umum. Menentukan target pasar menjadi kunci keberlangsungan laundry anda ke depannya.

Pasalnya lokasi laundry anda tentu tak jauh-jauh dari kawasan padat mahasiswa, pekerja kantoran atau rumah tangga biasa. Jika anda membuka laundry di tengah pemukiman mahasiswa atau pekerja kantor, tentu omsetnya jauh lebih tinggi.

2. Gencar melakukan promosi

Agar tak mati langkah karena munculnya pesaing baru setiap waktu, cobalah gencar melakukan promosi. Jangan karena sudah memiliki nama besar lantas anda mengesampingkan promosi secara berkala.

Padahal promosi dapat menggaet pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Media promosi saat ini pun sudah sangat memudahkan, tak harus menyebarkan pamflet. Anda cukup memanfaatkan media sosial yang telah dimiliki untuk memperkenalkan laundry sendiri.

3. Berikan bonus pada pelanggan

Siapa yang tak ingin mendapatkan bonus, apalagi para pelanggan laundry. Setiap orang akan senang mendapatkan bonus dengan iming-iming tertentu.

Misalnya saja, anda memberikan jasa laundry gratis kepada pelanggan yang telah 10x menggunakan jasa anda. Kondisi dan ketentuan dapat anda atur sedemikian rupa, agar bonus tak mengganggu pemasukan.

Cara satu ini akan membantu pelanggan tetap bertahan dan tak mudah goyah dengan iming-iming dari laundry lain.

4. One day service

Layanan satu ini bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis laundry yang tengah anda rintis. Pasalnya tak semua laundry menyediakan layanan one day service, pagi diantar sore dijemput.

Semakin padatnya aktivitas dan keterbatasan waktu mau tak mau membuat sebagian orang harus efektif menggunakan waktu. Mereka menginginkan hal tersebut pula pada laundry yang dipercayakan kepada pihak anda.

Oleh karena itu, tak ada salahnya juga untuk menerapkan servis yang satu ini.

5. Tetapkan harga yang bersaing

Prinsip utama dari setiap bisnis adalah harga yang bersaing. Para konsumen ingin mendapatkan pelayanan terbaik dengan harga terjangkau. Mereka tak segan-segan mencari produk atau jasa serupa dengan perbedaan harga yang sedikit lebih murah.

Supaya tak dirasa kemahalan, lakukan survey pasar terkait biaya laundry per kilo. Anda bisa memperhatikan beberapa laundry di kawasan sekitar dalam mematok harga. Dengan begini anda bisa menentukan biaya laundry di tempat sendiri.

6. Perhatikan produk yang dipakai

Seringkali pemilik laundry mengacuhkan produk deterjen maupun pewangi yang mereka gunakan. Dari sisi pelanggan, hal tersebut tentu sangat mengecewakan, sebab dapat merusak tekstur dan kualitas pakaian.

Sebagian pelanggan kerap memilih kualitas dibanding kuantitas untuk memuaskan keinginan mereka. Tak ada salahnya anda juga melakukan hal serupa, yakni pilih produk yang benar-benar bagus. Sesuaikan pemakaian produk serta jasa pencucian ke dalam tagihan laundry pelanggan.

Nah itulah ulasan tentang 6 Tips Sukses Memulai atau Membuka Usaha Bisnis Laundry yang bisa terapkan saat membuka usaha laundry Anda, Selamat mencoba berbisnis laundry. Semoga bermanfaat!

Baca juga:





WAJIB DIKETAHUI!
Iklan yang tampil pada halaman Situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan Slot Kosong. Jadi jika ada iklan yang kurang berkenan untuk Anda, harap informasikan kepada kami melalui Formulir Kontak Situs ini untuk selanjutnya akan Kami sampaikan ke pihak Google, Terima Kasih!

Admin
Adalah Tempatnya Panduan Blogger dan Belajar SEO untuk Pemula, Berita Teknologi Terbaru Seputar Smartphone Terbaru dan Tips Gaya Hidup Sehat.

Facebook CommentsBukaTutup
Disqus CommentsBukaTutup

close