Broken Home it's not Broken Dreams, Yuk Bangkit..
Broken Home it's not Broken Dreams, Yuk Bangkit..

Broken Home it's not Broken Dreams, Yuk Bangkit..

Broken Home - Apa itu broken home? Rumah retak? Rumah patah? Broken home adalah suatu kondisi dimana 'rumah' yang seharusnya penuh kehangatan, menjadi tempat yang tidak lagi memberikan hal itu.



Broken Home itu apa sih?

Rumah retak..?

..Rumah patah?

Bukan semuanya..!!

Broken Home adalah suatu kondisi dimana 'rumah' yang seharusnya penuh kehangatan, menjadi tempat yang tidak lagi memberikan hal itu.

Broken home tidak selalu berasal dari perceraian orang tua, krisis ekonomi keluarga, perseteruan hebat dengan anggota keluarga lain pun turut menjadi penyebabnya.

Nah, kali ini bahasnya broken home yang diakibatkan dari Perceraian Orang Tua.

Perceraian adalah solusi yang menyakitkan bukan hanya bagi orang tua, tapi juga bagi anak. Ada rasa kurang, tak biasa atau semacamnya. Mungkin kita akan menghabiskan waktu kita bersama salah satu orang tua kita, atau bahkan Nenek maupun kerabat dari salah satu orang tua.

Apasih yang dirasa seorang anak korban broken home? Apakah seperti di film-film? Atau kamu salah satunya?

Broken Home it's not Broken Dreams (Images: Gencil News)

- Merasa kehilangan

Oke, memang ada beberapa orang tua yang menyepakati atas kebebasan anak untuk menemui atau tinggal bersama siapa. Uang jajan oke, hangout bareng juga masih sering, tapi tidak ada lagi makan malam yang hangat, tidak ada gurauan yang sama, tidak akan lagi dejavu hal yang sama setiap hari seperti sebelumnya.

- Marah

Anak tidak terlibat konflik, tapi saat perahu retak, semuanya akan tenggelam termasuk anak-anak yang tidak mengerti. Mungkin KDRT, perselingkuhan, atau hal lainya akan menjadi dendam tersendiri yang terekam di otak anak. Ya, para anak, bukan orang tua.

- Merasa diabaikan atau tidak diinginkan

Setelah keretakan terjadi, biasanya orang tua akan sibuk dengan perasaan mereka yang kalut. Akhirnya Anak-anaklah yang akan merasa 'terbuang' dan tidak diinginkan.

Kadang orang tua menggap hal ini hanya soal waktu. Kemudian hari mungkin menurut mereka, anak akan terbiasa. Tidak, ini bom waktu!


Ada sejenis dendam dan amarah yang sulit diungkapkan. Bagi anak-anak di usia menjelang remaja, ini akan jauh lebih menyakitkan. Mereka tidak pernah patah hati, sulit sekali rasanya untuk menggambarkan rasa dari patah hati terhebat ini.

Anak-anak korban broken home cenderung lebih dewasa dibandingkan anak seusinya. Ini fakta, walaupun sebagian lainnya justru memperlihatkan kemunduran atau yang disebut imatturity.

Sebagian lainnya justru cenderung melakukan hal-hal berlebihan. Maksudnya "Hi look, it's me Mom, Dad.." sayangnya banyak orang tua yang tidak peka dan tidak menerima sinyal tersebut.

Sehingga, orang tua justru mengaggap sang anak tumbuh menjadi pemberontak, padahal sebenarnya anak tersebut hanya sedang 'unjuk rasa' pada orang tuanya. Demikian juga lingkungan yang terlanjur memberi lable jelek, sehingga ini terasa jauh lebih menyakitkan.

Tapi lebih parahnya lagi, terkadang orang tua saling menjelek-jelekan satu sama lain dan menjadi hasut bagi anak. Kondisi ini sangat menyakitkan, karena saat berada pada titian, anak membutuhkan dua pegangan kanan kiri. Jika keduanya tidak lagi bisa menjadi pegangan, anak akan lepas kendali.

Depresi juga menjadi bagian dari broken home. Saat busur panah telah patah, maka anak panah tidak lagi memiliki arah kemana dia akan melesat. Jadi jangan heran jika pada akhirnya rasa kesepian membuat kita kehilangan minat pada hal lain.

Hai...

JANGAN KALUT!
Broken home itu, SPECIAL.

Anak-anak korban broken home cenderung lebih tangguh dari banyak sisi. Kita dilahirkan special. Percayalah, Yuk bangkit!


Maafkan masa lalu itu. Entah seperti apa kisah yang terjadi diantar kedua orang tua. Mereka sudah usai, apa gunanya menyimpan sakit terus menerus?

Bagi anak perempuan, ditinggal seorang ayah adalah patah hati terhebat. Bagi anak lelaki, ditinggak Ayah berarti kehilangan identitas.

Perbaiki diri, bangkit, dan pastikan kita tidak perlu de javu hal yang sama dikemudian hari nanti. Perbaiki diri, nikmati masa yang ada, dan siapkan diri sebaik mungkin agar dikemudian hari, kisah itu tak terjadi pada kita.

Orang tua kuat kita adalah malaikat, tapi pahami, sejatinya mereka masihlah manusia yang mustahil tidak melakukan kesalahan. Kita memang sakit, tersayat, kehilangan pegangan dan hal lainya. Tapi percayalah, bahwa kesakitan yang dirasakan orang tua kita jauh lebih besar.

Tidak perlu iri dengan teman yang memiliki keluarga utuh. Bukankah kesendirian telah mendewasakan kita? Sedih memang, jika sekedar foto keluarga saja kita tidak punya. iri itu manusiawi, tapi jika itu menyakitkan, enyahkan saja.

Pada akhirnya, kita adalah insan kuat yang sanggup melewati badai. Hanya beberapa dari kita, dan itu pastilah pilihan.

Tak apa, dikemudian hari, sisi dewasa kita selangkah lebih maju dari teman seumuran. Ini pelajaran hidup berharga yang tidak diajarkan disekolah.

Jika merasa hampir gila, percalah kamu bukan satu-satunya orang..

Jadilah Si kuat yang menginspirasi, minimal untuk diri sendiri..

Broken home itu ilmu, tidak perlu menjadikan mu menjadi pribadi yang demen ngebait..

"Broken Home it's not Broken Dreams, Yuk Bangkit.." tuturnya si Nn.

Kalian nggak sendirian, percayalah, si TS yang tak mau disebutkan namanya ini menulis sambil sesenggukan..

Baca juga:






WAJIB DIKETAHUI!
Iklan yang tampil pada halaman Situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan Slot Kosong. Jadi jika ada iklan yang kurang berkenan untuk Anda, harap informasikan kepada kami melalui Formulir Kontak Situs ini untuk selanjutnya akan Kami sampaikan ke pihak Google, Terima Kasih!

Jika Anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Klik Donasi. Dengan Membaca Bismillah, Dana hasil dari Donasi yang Anda berikan akan digunakan untuk Bersodaqoh kepada Kaum Dhuafa dan Anak Yatim setiap Bulannya, Semoga Rezeki yang telah Anda berikan mendapat Balasan yang setimpal oleh Allah SWT, Amin. Terima kasih..
Admin
Adalah Tempatnya Panduan Blogger dan Belajar SEO untuk Pemula, Berita Teknologi Terbaru Seputar Smartphone Terbaru dan Tips Gaya Hidup Sehat.

Loading...

1. Silahkan berikan komentar dengan Tata Bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter Anda melalui kata-kata.
2. Ketik komentar Anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan artikel pada halaman ini.
3. Dimohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar satu persatu.
5. Komentar selalu di Moderasi.
6. Jangan lupa Ngopi.
EmoticonEmoticon