Cara Alami yang Ampuh untuk Mengatasi Bintik-Bintik pada Kulit Bayi, Apakah Imunisasi Bayi?
Cara Alami yang Ampuh untuk Mengatasi Bintik-Bintik pada Kulit Bayi, Apakah Imunisasi Bayi?

Cara Alami yang Ampuh untuk Mengatasi Bintik-Bintik pada Kulit Bayi, Apakah Imunisasi Bayi?

Cara Mengatasi Bintik-bintik Merah pada Kulit Bayi - kulit bayi memang lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Untuk itulah, idealnya banyak hal yang harus dihindari guna menjaga agar kulit bayi tidak teriritasi.


cara mengatasi bintik-bintik pada kulit bayi dan imunisasi bayi

Sebagimana kita tahu, kulit bayi memang lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Untuk itulah, idealnya banyak hal yang harus dihindari guna menjaga agar kulit bayi tidak teriritasi. Namun, ada banyak kasus dimana bayi mengalami bintik-bintik di kulitnya dan sebaiknya diwajibkan untuk melakukan imunisasi bayi agar bayi lebih terjaga kesehatan tubuhnya.

Bisa saja bintik-bintik ini muncul dari ruam, gigitan nyamuk, dan sebagainya. Karena itulah Anda wajib memahami cara alami mengatas bintik-bintik pada kulit bayi seperti penjelasan di bawah ini.

Penyebab Bintik-Bintik pada Kulit Bayi


Ada berbagai penyebab yang bisa memicu munculnya bintik-bintik pada kulit bayi. Diantaranya adalah:
  • Adanya bakat alergi yang diturunkan dari gen orang tuanya. Resiko bayi menderita alergi sendiri mencapai 40-60%. Dan apabila hanya satu pihak orang tua saja yang menderita alergi, maka kemungkinan diturunkan pada bayi sebesar 25-40%.
  • Faktor makanan tertentu yang terdapat pada susu formula, seafood, telur, atau kacang-kacangan. Bintik karena alergi biasa muncul disertai dengan muntah dan diare. 
  • Biang keringat yang muncul karena sumbatan pada pori-pori kulit bayi bisa menimbulkan bintik-bintik merah. 
  • Ruam popok, utamanya diapers sekali pakai yang lembab dan panas. Ruam popok ini umumnya menimbulkan bintik-bintik merah yang disertai rasa perih di sekitar pantat dan perut bayi. 
  • Jerawat bayi sebagai hormon bawaan sisa sejak masih dalam kandungan. Bintik-bintik ini biasa muncul di sekitar pipi, dagu, dan dahi. 
  • Gigitan serangga, misalnya saja nyamuk ataupun semut. 
  • Debu rumah yang menyebabkan alergi.
  • Kutu busuk yang berada di sela-sela seprei dan kasur. 
  • Virus campak bayi atau Roseola infantum bisa menyebabkan bintik-bintik pada bayi yang disertai dengan demam hingga 39,5oC. 

Cara Mengatasi Bintik-Bintik pada Kulit Bayi

cara mengatasi bintik-bintik pada kulit bayi dan imunisasi bayi

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan obat-obatan kimia dengan komposisi yang terlalu keras bagi kulit bayi, ada baiknya Anda mencoba terlebih dulu beberapa cara yang bisa mengatasi bintik-bintik pada kulit bayi seperti:

1. Menjauhkan Sumber Alergi Anak

Anda bisa melakukan tes alergi di rumah sakit untuk mengetahui dengan pasti apa yang bisa membuat bayi Anda menderita alergi. Kemudian setelah tahu benda-benda atau makanan apa saja yang menyebabkan alergi, Anda bisa menghindarinya dan menggantinya dengan bahan yang aman.

Jika anak sudah terlanjur memiliki bintik-bintik di kulitnya karena alergi, Anda bisa mengoleskan salep mengandung steroid dengan komposisi rendah sesuai dengan resep dokter.

2. Hindari Makanan Pemicu Gatal dan Alergi

Ada banyak sumber makanan yang bisa menyebabkan gatal dan alergi pada anak sehingga muncul bintik-bintik pada kulitnya. Karena itu, Anda sebagai seorang ibu harus jeli dan memastikan mengganti sumber bahan makanan tersebut dengan jenis lain yang aman dikonsumsi oleh bayi Anda.

3. Mencegah Biang Keringat

Agar bayi Anda tidak mengalami bintik-bintik karena biang keringat, maka pastikan ia memakai baju dari bahan katun yang menyerap keringat. Jaga sirkulasi udara di ruangan dan pastikan bayi Anda tidak tertalu kepanasan. Selain itu, usaplah keringat pada bayi Anda dengan lap dingin dan keringkan dengan handuk bersih.

4. Mengatasi Ruam Popok

Mengatasi bintik-bintik pada kulit bayi yang disebabkan oleh ruam popok bisa dilakukan dengan mengganti popok sekali pakai dengan merk yang lebih sesuai. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan krim anti ruam yang banyak tersedia di pasaran. Anda bisa mengoleskan krim anti ruam di bagian kulit yang akan tertutup popok.

5. Eksim Bayi

Untuk emncegah munculnya bintik-bintik pada kulit bayi karena eksim, Anda harus secara rutin segera membersihkan sisa susu formula atau ASI yang menempel di seputar pipi dan mulut.

6. Virus

Jika bintik-bintik di kulit bayi karena terjangkit virus, maka Anda harus segera mengompres demamnya dengan air hangat. Kemudian segera bawa ke dokter anak untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

7. Melakukan Imunisasi Bayi secara Rutin

Seperti yang telah direkomendasikan oleh pakar kesehatan baik itu dewasa maupun khusus bayi, bahwa menerapkan imunisasi bayi sejak dini sangatlah bagus untuk menambah kekebalan tubuh dan kesehatan pada tubuh bayi Anda.

Dari sekian banyak manfaat imunisasi pada bayi bahwa salah satunya adalah untuk mencegah dan mengatasi bintik-bintik pada kulit dan tubuh bayi Anda, jadi sebaiknya segera lakukan imunisasi bayi agar si kecil kesayangan Anda memiliki kekebalan tubuh yang semakin kuat dari berbagai macam penyakit.

Itulah penyebab dan cara mengatasi bintik-bintik pada kulit bayi yang wajib diketahu oleh orang tua, semoga bermanfaat.

Baca juga:





WAJIB DIKETAHUI!
Iklan yang tampil pada halaman Situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan Slot Kosong. Jadi jika ada iklan yang kurang berkenan untuk Anda, harap informasikan kepada kami melalui Formulir Kontak Situs ini untuk selanjutnya akan Kami sampaikan ke pihak Google, Terima Kasih!

Admin
Adalah Tempatnya Panduan Blogger dan Belajar SEO untuk Pemula, Berita Teknologi Terbaru Seputar Smartphone Terbaru dan Tips Gaya Hidup Sehat.

Facebook CommentsBukaTutup
Disqus CommentsBukaTutup

close