10 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi dan Ibunya yang Wajib Anda Ketahui!
10 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi dan Ibunya yang Wajib Anda Ketahui!

10 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi dan Ibunya yang Wajib Anda Ketahui!

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi dan Ibu - Program pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, bagi bayi sangat dianjurkan, baik oleh pemerintah maupun pihak-pihak yang menggeluti dunia kesehatan.


Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi dan Ibunya

Selama masa-masa menyusui, seorang ibu hendaknya menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, pastikan makanan yang Anda konsumsi memenuhi nutrisi yang dibutuhkan sehingga ASI yang dihasilkan juga mengandung nutrisi yang baik untuk sang buah hati tercinta.

Program pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, bagi bayi sangat dianjurkan, baik oleh pemerintah maupun pihak-pihak yang menggeluti dunia kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini kami bagikan informasi terkait 10 manfaat ASI eksklusif bagi bayi dan ibu yang sebaiknya diketahui.

inilah 10 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi dan Sang Ibu yang Wajib Anda Ketahui!


Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi dan Ibunya
Images: Tribunnews.com

1. Sistem Imun Anak Lebih Kuat

Anak yang diberi ASI eksklusif selama 6 bulan akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat. Hal ini dikarenakan ASI mengandung zat antibodi yang dapat melawan semua baktri dan virus yang masuk ke tubuh. Dengan memberikan ASI secara eksklusif, resiko buah hati Anda terkena berbagai penyakit seperti diare, infeksi telinga, ISPA, alergi, asma, dan penyakit lain lebih kecil.

2. Membuat Anak Cerdas

ASI eksklusif yang diberikan kepada anak selama 6 bulan akan membuat sang buah hati lebih cerdas. Berdasarkan penelitian para ahli, ASI mengandung asam lemak yang sangat penting bagi kecerdasan otak bayi Anda.

3. Hubungan Ibu dan Anak Lebih Kuat

Saat ibu menyusui buah hati, ibu akan bersentuhan secara langsung dengan bayi. Selain itu, ibu dan anak juga akan saling menatap. Kedekatan inilah yang nantinya akan memperkuat hubungan batin antara ibu dan anak menjadi lebih kuat.

4. Berat Badan Anak Ideal

Jika Anda memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati, anak Anda akan tumbuh dengan berat badan yang relatif normal. Para ahli mengatakan bahwa ASI mengandung insulin yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan kandungan insulin dalam susu formula. Padahal, insulin merupakan zat yang memicu pembentukan lemak.

Sehingga, konsumsi ASI tidak menjadikan penumpukan lemak dalam tubuh si kecil. Selain itu, ASI juga memicu leptin dalam tubuh bayi lebih banyak. Leptin adalah hormone yang berperan penting dalam mengatur nafsu makan anak dan metabolismenya.

5. Sindrom Kematian pada Bayi Menurun

Pemberian ASI secara eksklusif dapat mengurangi resiko terjadinya sindrom kematian mendadak pada bayi saat bayi sedang tidur.

6. Tulang Bayi Lebih Kuat

Salah satu manfaat penting pemberian ASI kepada bayi adalah menjadikan tulang pada bayi lebih kuat, terutama pada tulang leher dan tulang belakang. Untuk itu, pastikan agar Anda memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi Anda agar bayi Anda tetap sehat dan memiliki tulang yang kuat.

7. Limpahan Kolesterol untuk Bayi

Kolesterol merupakan zat yang kurang baik bag tubuh orang dewasa jika jumlahnya berlebihan. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi tubuh bayi. Bayi sangat membutuhkan kolesterol untuk menunjang proses tumbuh kembangnya. Penelitian membuktikan bahwa ASI mengandung kolesterol yang dibutuhkan oleh bayi.

8. Ibu Menjadi Cepat Langsing

Tahukan Anda bahwa ternyata menyusui juga dapat membakar kalori? Ternyata, kegiatan menyusui dapat membakar kalori hingga 500 kalori per harinya. Kabar gembira untuk para ibu nih!

9. Mengurangi Stress pada Ibu

Menyusui ternyata juga merangsang produksi hormon oksitosin. Hormon oksitosin bisa membuat Anda lebih rileks dan tidak cepat stress.

10. Resiko Kanker pada Ibu Menurun

Resiko kanker pada ibu yang menyusui diketahui lebih kecil daripada ibu yang tidak menyusui. Semakin lama seorang wanita menyusui, maka resiko terkena kanker semakin sedikit.

Nah itulah ulasan yang bisa Kami berikan tentang beragam manfaat ASI eksklusif bagi bayi dan sang ibunya yang pada sejatinya seorang ibu wajib memberikan manfaat ekslusif melalui ASI yang akan membuat bayi semakin sehat dan cerdas.

Semoga bermanfaat ya Bunda dan jangan lupa share ke semua teman wanita Bunda agar semakin semangat memberikan ASI Ekslusif kepada bayi nya.

Baca juga:





WAJIB DIKETAHUI!
Iklan yang tampil pada halaman Situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan Slot Kosong. Jadi jika ada iklan yang kurang berkenan untuk Anda, harap informasikan kepada kami melalui Formulir Kontak Situs ini untuk selanjutnya akan Kami sampaikan ke pihak Google, Terima Kasih!

Admin
Adalah Tempatnya Panduan Blogger dan Belajar SEO untuk Pemula, Berita Teknologi Terbaru Seputar Smartphone Terbaru dan Tips Gaya Hidup Sehat.

Facebook CommentsBukaTutup
Disqus CommentsBukaTutup

close