3 Tahapan Proses Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018
3 Tahapan Proses Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018
3 Tahapan Proses Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018

3 Tahapan Proses Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018

Seleksi Penerimaan CPNS 2018 - beberapa para peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 ini masih belum mengetahui beberapa tahapan-tahanap proses seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 ini.

3 Tahapan Proses Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa pemerintah tengah membuka seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 untuk dijadikan sebagai Aparatur Negara yang ditempatkan di beberapa sektor sektor tertentu yang memang membutuhkan banyak tenaga kerja tambahan. Maka dari itu, pemerintah berencana untuk membuka lowongan pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil.

Namun, untuk melamar sebagai pegawai negeri sipil ini membutuhkan berbagai persyaratan persyaratan dan juga proses tes serta seleksi yang sangat ketat sehingga tidak sembarang orang akan diterima sebagai pegawai negeri sipil yang dibutuhkan oleh pemerintah. Memang, seseorang dengan lulusan pendidikan terbaik lah yang dipercaya untuk menjadi seorang aparatur negara yang baru untuk di tempatkan di beberapa sektor sektor roda pemerintahan.

Namun, sebelum itu, kami akan membahas tentang beberapa tahapan tahapan yang harus dilalui oleh beberapa peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) ini mulai dari tahap pendaftaran hingga pada tahap pengumuman hasil seleksi yang menentukan diterima atau ditolaknya form lamaran pekerjaan di bidang pegawai negeri sipil ini.

Pendaftaran Seleksi Penerimaan Peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018




Ya, beberapa para peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 ini masih belum mengetahui beberapa tahapan-tahanap proses seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 ini. Sehingga informasi yang kami sampaikan ini bertujuan untuk memudahkan Anda yang berencana mendaftarkan diri untuk mengikuti proses seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil sesuai dengan langkah langkah pendaftarannya.

3 Tahapan Proses Pendaftaran Seleksi Penerimaan CPNS Terbaru 2018

3 Tahapan Proses Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018
Seleksi Penerimaan CPNS 2018
Tentunya, dalam proses pembukaan pendaftaran seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) ini telah diatur oleh undang undang peraturan pemerintah yang tertuan pada PP nomor 11 tahun 2017 yang mengatakan bahwa pihak BKN wajib mengumumkan hasil proses seleksi pada calon pegawai negeri sipil (CPNS) ini selambat-lambatnya sekitar 3 minggu setelah proses seleksi digelar. Untuk itu, pihak BKN selaku pelaksana seleksi calon pegawai negeri sipil ini dituntut untuk tetap netral dan fair ketika sedang menyelenggarakan proses seleksi dalam perekrutan pegawai negeri sipil yang baru ini.

Para peserta yang mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil ini wajib mengetahui beberapa tahapan tahapan pada proses seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil yang diadakan oleh pemerintah pusat. Maka dari itu, inilah beberapa tahapan-tahapan yang harus Anda lalui untuk dapat mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil 2018, Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendaftarkan Diri Menjadi Peserta Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018




Sesuai dengan aturan pemerintah pusat yang menyatakan bahwa setiap calon peserta wajib meregistrasikan diri untuk menjadi peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil dengan cara mendaftarkan diri secara online di sscb.bkn.go.id dan kemudian melampirkan bukti pendaftaran ketika akan mengikuti tes di kemudian hari. Nah, untuk lama waktu pembukaan pendaftaran peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil ini diberi batas waktu hingga 1 bulan kedepan lamanya sejak pendaftaran dibuka.

2. Mengikuti Serangkaian Tes Seleksi CPNS 2018 Yang Disiapkan Oleh BKN

Setelah menunggu selama satu bulan lamanya, pendaftaran seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) ini telah ditutup maka tahapan selanjutnya yang akan dilalui oleh para peserta yang mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil ini adalah mengikuti serangkaian tes yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara dari BKN. Ya, dalam hal ini, pemerintah mempercayakan BKN untuk menyaring para peserta yang mengikuti seleksi untuk dijadikan sebagai pegawai pemerintahan. Untuk tes CPNS ini, BKN menyiapkan dua tes sekaligus yang wajib dilalui oleh para peserta tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Tes pertama yakni Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018. Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) ini berupa tes tulis yang berfungsi untuk mengetahui pengetahuan dasar dari seseorang tersebut. Tes ini bersifat umum dan membahas tentang beberapa pengetahun yang wajib diketahui oleh para peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil. Nah, setelah para peserta selesai mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) ini, maka para peserta kemudian mengikuti tes yang kedua yakni tes kompetensi yang sesuai dengan bidang yang dipilih. Ya, tes ini lebih ditujukan untuk mengetahui tentang bidang yang telah dipilihnya.

Tes ini dibuat langsung oleh kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah masing masing yang sesuai dengan bidang apa yang diambil oleh para peserta. Jadi, tes kompetensi bidang ini lebih menjurus pada seputar pengetahuan di bidang yang telah di pilih oleh peserta itu sendiri sehingga tes kompetensi bidang ini sangat menentukan nasib dari para peserta seleksi calon penerimaan pegawai negeri sipil (CPNS) itu sendiri. Maka dari itu, Anda disarankan untuk belajar kembali perihal bidang yang telah Anda pilih atau ambil agar Anda dapat terpilih sebagai pegawai negeri sipil nantinya.

3. Pengumuman Hasil Proses Seleksi CPNS 2018 Yang Diumumkan Oleh BKN

Setelah serangkaian tahapan mulai dari pendaftaran hingga serangkaian tes seperti seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang telah dilalui para peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil ini telah selesai digelar, maka tahapan yang terakhir ini adalah proses seleksi hasil akhir yang dilakukan oleh BKN dan kemudian hasil ini akan diumumkan oleh BKN sendiri sehingga tahapan ini merupakan tahapan yang paling mendebarkan dan membuat deg degan para  peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil itu sendiri sehingga tak heran bila tahapan ini adalah tahapan yang paling ditunggu tunggu tentunya.

Namun, Anda dituntut bersabar untuk dapat mengetahui hasil dari serangkaian tes penerimaan calon pegawai negeri sipil ini. Sebab dapat membutuhkan waktu yang cukup lama tentunya mengingat ada banyak sekali para peserta yang mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil sehingga BKN tentu butuh waktu paling lama hingga satu bulan lamanya untuk memberitahukan hasil tes seleksi CPNS yang sesuai dengan bidang kementerian, lembaga, atau pemerintahan daerah yang telah dipilih oleh para peserta tersebut.

Maka dari itu, pengumuman hasil tes ini adalah tahapan yang paling ditunggu karena menentukan diterima atau tidaknya Anda menjadi seorang aparatur sipil negara (ASN). Biasanya, pengumuman dari hasil tes seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil ini diumumkan secara online via website resmi pemerintah itu sendiri sehingga Anda dapat mengeceknya secara langsung via laptop, komputer, atau smartphone Anda.

Kisi-kisi Soal Simulasi CAT SKD CPNS 2018 dan Prediksi Soal CPNS Yang Akan Muncul




Nah, itulah beberapa Tahapan dari Proses Pendaftaran dan Seleksi Penerimaan CPNS Tahun 2018 yang tentunya wajib untuk Anda lalui agar Anda dapat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kemudian mengabdi untuk masyarakat dan pemerintah tentunya sehingga apa yang telah Anda pelajari ini dapat bermanfaat baik bermanfaat untuk rakyat maupun untuk kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah setempat yang sesuai dengan bidang yang Anda pilih dan bisa Anda temukan Info CPNS 2018 untuk selengkapnya di google dengan kata kunci (keyword): Jadwal Pendaftaran dan Persyaratan Lengkap Peserta Seleksi Penerimaan CPNS 2018.

Source:

  • Sscn.bkn.go.id
  • Liputan6.com
  • Merdeka.com
  • Tribunnews.com
  • Tirto.id
  • Detik.com
  • Okezone.com

Hasil Pencarian di Mesin Pencari dengan Kata Kunci:



Baca juga:







Admin
Adalah Tempatnya Panduan Blogger dan Belajar SEO untuk Pemula, Berita Teknologi Terbaru Seputar Smartphone Terbaru dan Tips Gaya Hidup Sehat.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

×Close

Notifications

Disqus Logo