Universitas Tanjungpura: Bersama UNTAN Membangun Negeri
Universitas Tanjungpura: Bersama UNTAN Membangun Negeri

Universitas Tanjungpura: Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri - Membangun Negara melalui Prestasi dari kalangan Pemuda baik itu Siswa ataupun Mahasiswa bersama Pemuda dan Santri Membangun Negeri yang Multikultural dan Intelektual.


Bersama UNTAN Membangun Negeri
Universitas Tanjungpura: Bersama UNTAN Membangun Negeri
Bersama Membangun Negeri merupakan sebuah Hal penting untuk Membangun Negara melalui Prestasi dari kalangan Pemuda baik itu Siswa ataupun Mahasiswa yang saling bersinergi dan Bersama UNTAN Membangun Negeri menjadi lebih Merdeka yang berasaskan Pancasila. Nah, kali ini bacalagers.com akan mengulas sekelumit pembahasan cukup menarik mengenai pendidikan indonesia yang mengambil satu universitas negeri di pontinak yaitu Universitas Tanjungpura (UNTAN).

Daftar isi Artikel: Bersama UNTAN Membangun Negeri

Sebelum kita memasuki pembahasan lengkapnya pada artikel ini, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu mengenai Apa itu Membangun Negeri? dan juga Bagaimana cara kita sebagai pemuda, siswa dan mahasiswa dalam membangun dan mengabdi untuk negeri tercinta kita Indonesia ini. bersama untan membangun negeri

Apa itu Membangun Negeri?

Apa yang dimaksud dengan membangun negeri? mungkin masih banyak yang belum mengerti akan hal tersebut, ya jelas saja. Karena sekilas bahwa cara masyarakat melakukan pengabdian kepada negeri itu berbeda-beda. Saya rasa Anda masih belum mengerti tentang pengertian membangun negeri diatas.

Membangun atau Mengabdi dan Memperjuangkan Negeri menurut saya arti dan makna nya sama saja yaitu Sekumpulan Masyarakat atau Pemuda yang saling bersinergi untuk membuat negara nya menjadi lebih dikenal dimata dunia dengan berbagai cara seperti melalui pendidikan atau prestasi diluar bidang pendidikan.

Lalu Apa sebenarnya Pengertian Membangun Negeri yang aslinya?

Kembali ke Daftar isi ↑

Pengertian Membangun Negeri

Membangun Negeri adalah sebuah Cara dan Kewajiban seseorang yang dilakukan untuk Membuat Negara nya semakin merdeka, sukses, terkenal, ditakuti ataupun diakui oleh seluruh manusia di dunia dengan menjadikan dirinya sebagai mesin tanpa pamrih untuk mengabdi kepada negeri tercinta melalui prestasi yang dia ukir dari pendidikan maupun diluar pendidikannya.

Didunia Digital seperti saat ini, banyak Pemuda-pemuda bangsa yang berlomba-lomba dalam menciptakan sebuah inovasi terbaru hasil anak bangsa yang tersedia dari berbagai bidang seperti Teknologi Informasi, Olimpiade Digital, Kendaraan Roda Empat yang dapat dikendarai melalui Smartphone, dan lain sebagainya dengan ikhlas tanpa pamrih.

dan Menurut saya, itulah Pengertian Membangun Negeri yang sesungguhnya. Lalu jika Kita ingin mengabdi dan membangun negeri melalui pendidikan bagaimana caranya? mudah. Kita hanya tinggal mengukir prestasi pendidikan melalui sebuah sekolah ataupun universitas yang memiliki akreditasi baik (A) dan telah diakui oleh Negaranya baik itu Negeri ataupun Swasta.

Kembali ke Daftar isi ↑

Intelektual Muda Bersama UNTAN Membangun Negeri

Mahasiswa merupakan sebuah miniatur masyarakat intelektual yang memilki corak keberagaman pemikiran, gagasan dan ide-ide yang penuh dengan kreatifitas dalam rangka mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi Yakni; Pendidikan dan pengajaran, Penelitian, Pengabdian pada masyarakat. Sungguh menarik memang jika kita kembali memperbincangkan persoalan kampus dan dinamikannya yang sangat dinamis.

Kampus merupakan tempat pengembangan diri yang memberikan perubahan pikiran, sikap, dan pencerahan, tempat mahasiswa lahir menjadi kaum pemikir bebas yang tercerah dengan universitas negeri untan membangun negeri semakin berkualitas.

Peran pemuda kental dengan pembuktian gagasan dan gerakannya, seperti Tritura, Malari, SU MPR 1978, dan Penolakan NKK/BKK. Tidak kita bantah bahwa banyak yang menjadi korban pelanggaran HAM yang dilakukan negara terhadap pemuda. Bukan hanya itu pemuda dalam perjuangannya mampu men-support dirinya dengan materi maupun moral.
Ciri dan gaya mahasiswa terletak pada ide atau gagasan yang luhur dalam menawarkan solusi atas persoalan-persoalan yang ada. Pijakan ini menjadi sangat relevan dengan nuansa kampus yang mengutamakan ilmu dalam memahami substansi dan pokok persoalan apapun.
Dengan kata lain, kampus merupakan laboratorium besar tempat melahirkan beragam ide, pemikiran, pengembangan wawasan yang kemudian diwujudkan dalam bentuk peranan sosial individu mahasiswa tersebut dalam kehidupan kemasyarakatan sebagai bentuk pengabdian masyarakat. Menjadi agen bagi perubahan sosial, budaya, paradigma, ekonomi dan politik masyarakat secara luas.
Kalangan mahasiswa mampu membaca, mengkaji, dan berdiskusi secara logis, kritis, sistematis, dan komperhensif, serta mampu membedah persoalan dari berbagai aspek dan sudut pandang ilmu dan pemikiran yang konstruktif. Oleh karena itu, gerakan mahasiswa diharapkan mampu memberikan jawaban atas kondisi zaman yang terus berubah.

Banyak sekali Universitas di Indonesia yang mampu menggerakkan api semangat membangun negeri kepada semua mahasiswa-mahasiswi nya, tak terkecuali Universitas Tanjungpura yang membakar api semangat Bersama UNTAN Membangun Negeri melalui prestasi-prestasi gemilang yang diraih oleh mahasiswa-mahasiswi nya.

Pada hakikatnya mahasiswa memiliki peran pengabdian masyarakat yaitu sebagai agent of change, Iron stock, dan Social Control. Dalam implementasinya, mahasiswa harus memiliki langkah strategis untuk menciptakan perubahan tersebut. Berdasarkan kondisi kampus sudah dipersiapkan dalam bidang kajian yang berbeda-beda dapat diklasifikasikan meliputi: keteknologian, sosial budaya, hukum dan politik, serta perekonomian.

Kembali ke Daftar isi ↑

Apa Tujuan dari Slogan: Bersama UNTAN Membangun Negeri?

Bersama UNTAN Membangun Negeri
Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri kita membahas tentang mengubah negeri pastinya alangkah baiknya terlebih dahulu untuk membahas tentang pendidikan, memang pada jaman sekarangini tepatnya di jaman modern pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting sekali untuk di tempuh banyak orang, banyak orang mengatakan dengan adanya pendidikan dapat membuat masa depan lebih indah.

Hal ini memang benar sebab banyak orang mengaitkan pendidikan adalah suatu hal yang paling penting terutama bagi orang yang ingin mendapatkan ilmu dan menggali cita-citanya tersebut. Tahukah Anda bahwa menurut seorang tokoh yang bernama nelson ia mengatakan bahwa pendidikan adalah nomor 1 bagi mereka.

Sebab dengan adanya pendidikan itu sendiri Anda bisa mengubah dunia, maka dari itu jangan heran lagi apabila pendidikan merupakan suatu hal terpenting terutamanya bagi mereka yang ingin menempuh ke perguruan tinggi untuk membangun negeri lebih baik lagi.

Sebagai salah satu universitas yang tergolong ke negeri ini, untan mempunyai jalan atau prioritas yakni ingin membangun anak muda lebih berkualitas lagi dengan bergabung bersama universitas mereka, pastinya ada banyak sekali orang yang ingin berusaha masuk ke UNTAN, sebab sudah tergolong universitas negeri yang terletak di Kalimantan Barat.

Perlu diketahui juga bahwa pada dasarnya jumlah mahasiswa yang ada di Universitas Tanjungpura ini berkisar antara 30.687 mahasiswa, pastinya dengan nominal angka tersebut sudah dapat dikatakan sangat banyak sekali, mengingat dari jumlahnya siswa tentunya ada banyak jurusan yang disajikan pada untan yang dapat dipilih oleh banyak orang terutama bagi yang hobi dalam bidangnya masing-masing untuk menentukan masa depan lebih cerah.

Kembali ke Daftar isi ↑

Marilah Bersama UNTAN Membangun Negeri



Dari pembagian banyaknya siswa tersebut, Anda juga wajib mengetahui berapa banyak fakultas yang ada pada untan tersebut, diantaranya adalah mempunyai 9 fakultas yakni fakultas keguruan, matematika, kehutanan, kedokteran, teknik, pertanian, ekonomi, ilmu sosial, dan fakultas ilmu pemerintahan yang di fungsikan sebagai target utama bersama Universitas Tanjungpura (UNTAN) Membangun Negeri yang beraskan Pancasila.

Ternyata tidak hanya itu saja, akan tetapi sudah memiliki 96 program studi mata kuliah bagi mahasiswa baru yang ingin melanjutkan menempuh perguruan tinggi disana tepatnya di Kalimantan Barat. Pada pasalnya ada 6 diploma yang ada di sana, yakni diantaranya adalah 63 S1, 2 S3, dan 22 S2.

Kembali ke Daftar isi ↑

Sejarah dan Profil Universitas Tanjungpura (UNTAN)


Bersama UNTAN Membangun Negeri
Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Tahukah Anda bahwa Universitas Tanjungpura atau sering disebut sebagai UNTAN ini ternyata adalah salah satu universal yang pernah didirikan tepatnya pada tahun 20 mei 1959, jadi dapat dikatakan umur universitas untan sangat tua sekali dan telah mendapat banyak sekali loyalitas sangat baik dari beberapa pengakuan mahasiswa lainnya.

Namun pada dasarnya untan pernah berada di bawah naungan yayasan perguruan tinggi bernama daya nasional dimana kategori pendidikan tersebut adalah swasta, itu hanyalah awal mulanya saja.

Kemudian seiring berjalannya tahun maka universitas yang bernama sebagai daya nasional diubah menjadi salah satu universitas negeri pontianak, keputusan tersebut diambil karena berdasarkan menteri PTIP tepatnya pada tahun 1963, sehingga nama universitas ini telah dinobatkan sebagai salah satunya di pontianak dalam membantu pemerintah untuk membangun negeri menjadi lebih baik.

Seiring berjalannya tahun maka universitas tersebut selanjutnya akan diganti lagi, pada tahun sekitar tahun 1965 tepatnya di tahun tersebut diganti menjadi dengan sebutan nama Universitas Dwikora, sesuai dengan kesepakatan banyak orang maka kemudian perguruan tinggi yang terletak di Kalimantan Barat ini ditetapkan dengan nama universitas Tanjungpura atau sering disebut sebagai UNTAN, hal ini pastinya sudah sesuai menurut keputusan Presiden RI tahun 1967.
 Bersama UNTAN Membangun Negeri
Perlu diketahui juga bahwa pada dasarnya dengan pengubahan nama universitas tersebut memang di ikuti perkembangan yang cukup stagnan, yakni ditambahkan dengan beberapa fakultas baru seperti fakultas pertanian yang pada itu dipelopori oleh Ir. Soedarso Rawidjo, bahkan tidak hanya itu saja akan tetapi masih ada banyak lagi tambahan fakultas yang cukup membangun lainnya yakni diantaranya adalah fakultas ekonomi, dan tata Niaga.

Universitas Negeri Tanjungpura (UNTAN) berada tepat di Jalan Ahmad Yani, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat merupakan perguruan tinggi yang memang di gandrungi banyak sekali mahasiswa baru, sebab ada banyak sekali fasilitas yang ada disana.

Bahkan juga pendidikan program studi universitas tanjungpura yang disuguhi kepada mahasiswa baru tergolong berkualitas sekali, dan pastinya hal ini sangat cocok untuk membangun negeri lebih baik lagi terutama di Indonesia.

Seling memasuki beberapa tahun, semenjak itu nama perguruan tinggi akan kembali lagi diubah yaitu dengan sebutan UNEP atau bisa dikatakan Universitas Negeri Pontianak, hal ini memang sesuai dengan pendapat para menteri PTIP dengan nomor 53 tepatnya pada tahun 1963, jadi bisa dikatakan pada nominal angka tahun tersebut memiliki sejarah yang sangat lama sekali.

UNTAN memang adalah salah satu universitas terbaik yang sangat direkomendasikan di pontianak tepatnya di Kalimantan Barat, sebab tujuan utamanya adalah bersama membangun negeri dengan menempuh pendidikan yang lebih berkualitas.

Kembali ke Daftar isi ↑

Fakultas dan Jurusan Universitas Tanjungpura (UNTAN) dalam Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri
Gedung Utama Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak, Kalimantan Barat



Dari beberapa perubahan diatas memang dapat kita lihat melalui adanya banyak fakultas dan jurusan yang cukup berkualitas bagi mahasiswa, jadi bagi yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi setelah lulusan sma atau smk maka pilih saja untan sebagai salah satu alternatif Anda.

Karena ada banyak sekali jurusan maupun fakultas yang dapat dipilih sesuai dengan keahlian di bidangnya masing-masing. Untuk salah satu jurusan untuk program diploma diantaranya adalah administrasi negara, perkantoran, dan yang terakhir adalah budidaya tanaman dan perkebunan.

Nah untuk fakultas yang lebih disarankan bagi mahasiswa adalah fakultas hukum dan integritas ilmu hukum, kedua adalah fakultas ekonomi dengan membahas tentang ilmu ekonomi dan manajemen, fakultas pertanian yang nantinya Anda dapatkan adalah ilmu pertanian seputar budidaya maupun perkebunan, fakultas teknik sebab untuk yang satu ini memiliki banyak sekali teknik yang dapat dipilih sesuai minat dan bakat.

Fakultas sosial dan politik, dimana ilmu yang didapatkan nantinya memang sangat luas sekali, dan lebih banyak mencakup ke ilmu politik salah satunya adalah seperti ilmu administrasi negara, sosiologi, perkantoran dan yang terakhir adalah Jurusan Antropologi UNTAN.

Sedangkan yang terakhir kali ini adalah fakultas yang bernama pendidikan, jadi dalam program studi tersebut lebih condong ke pembahasan tentang ilmu pendidikan maupun Sejarah Membangun Negeri yang lainnya.

inilah 9 Fakultas Program Sarjana (S1) Universitas Tanjungpura (UNTAN)


Berdasarkan Uraian diatas pasti Anda belum mengetahui keseluruhan Fakultas dan Jurusan (Program Studi) di Universitas Tanjungpura (UNTAN) untuk jenjang Strata Satu atau Program Sarjana (S1), berikut daftar 9 Fakultas dan 63 Program Studi (Jurusan) yang tersedia di Kampus Universitas Tanjungpura Pontianak Terbaru 2018 bersama membangun negeri yang berprestasi

NO FAKULTAS PROGRAM STUDI
1 HUKUM Ilmu Hukum
2 EKONOMI DAN BISNIS Akuntansi
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Manajemen
Ekonomi Islam
3 PERTANIAN Agribisnis
Agronomi
Agroteknologi
Manajemen Sumberdaya Perairan
Ilmu Peternakan
Ilmu dan Teknologi Pangan
Ilmu Tanah
4 ILMU SOSIAL DAN POLITIK Ilmu Administrasi Negara
Ilmu Pemerintahan
Hubungan Internasional
Antropologi Sosial
Sosiologi
Ilmu Politik
Ilmu Komunikasi
Ilmu Sosiatri
5 TEKNIK Teknik Arsitektur
Teknik Elektro
Teknik Industri
Teknik Informatika
Teknik Lingkungan
Teknik Kelautan
Teknik Kimia
Teknik Mesin
Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota
Teknik Pertambangan
Teknik Sipil
6 KEHUTANAN Kehutanan
7 ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Bahasa Mandarin
Pendidikan Bimbingan Dan Konseling
Pendidikan Biologi
Pendidikan Ekonomi
Pendidikan Fisika
P A U D
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan Jasmani Kes & Rekreasi
Pendidikan Kimia
Pendidikan Matematika
Pendidikan Seni Tari Dan Musik
Pendidikan Sosiologi
Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Pendidikan Sejarah
Pendidikan Geografi
Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Pendidikan IPS
8 MIPA Biologi
Fisika
Geofisika
Ilmu Kelautan
Kimia
Matematika
Sistem Komputer
Statistik
Sistem Informasi
9 KEDOKTERAN Farmasi
Ilmu Keperawatan
Pendidikan Dokter

Kembali ke Daftar isi ↑

Pendaftaran dan Biaya Kuliah Mahasiswa Baru Universitas Tanjungpura (UNTAN) TA 2018/2019

Bersama UNTAN Membangun Negeri - Pendaftaran dan Biaya Kuliah Mahasiswa Baru Universitas Tanjungpura (UNTAN) TA 2018/2019
Pendaftaran dan Biaya Kuliah Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak
Pada Tahun ajaran baru (TA) 2018/2019 yang jatuh pada tahun ini, Universitas Tanjungpura (UNTAN) semakin cemerlang untuk membantu calon mahasiswa bersama untan membangun negeri lebih berkualitas dan untan kembali membuka beberapa jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang cara mendaftar menjadi mahasiswa untan bisa dilakukan secara online. Jalur-jalur penerimaan calon mahasiswa baru untan semester genap dan ganjil diantaranya adalah Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur SCMB, Jalur Kerjasama, dan Jalur Bidikmisi.

Dengan beberapa jalur pendaftaran mahasiswa baru universitas tanjungpura pontianak (UNTAN) tersebut maka sangat membuka peluang yang besar bagi Anda yang berharap diterima menjadi Mahasiswa Universitas Tanjungpura Pontianak dan Anda harus mempersiapkan semua persyaratan pendaftaran online universitas untan tahun ajaran 2018/2019 ini. Yuk simak selengkapnya tentang Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak dibawah ini:

1. Pendaftaran SNMPTN Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Jalur penerimaaan mahasiswa baru SNMPTN merupakan Jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh setiap perguruan tinggi negeri (PTN) yang telah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

Salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang mengadakan seleksi jalur SNMPTN adalah Universitas Tanjungpura (UNTAN). SNMPTN merupakan jalur seleksi nasioanl yang diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi di sekolahnya dengan didasarkan pada nilai raport dan prestasi lain yang relevan.

Pendaftaran Online SNMPTN dilakukan melalui Tiga Tahap, yaitu Pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah yang kemudian dilakukan verifikasi oleh siswa-siswi melalui website pdss.snmptn.ac.id, Pemeringkatan, dan melakukan Pendaftaran SNMPTN Online oleh siswa-siswi melalui laman website: web.snmptn.ac.id.

Penjelasan mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jumlah PTN pilihan, tahapan seleksi, nama-nama PTN pilihan, dan lain-lain bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UNTAN

Seperti SNMPTN, UNTAN juga menerima mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN. SBMPTN juga merupakan jalur seleksi nasional yang digunakan untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai kualitas baik yang diprediksikan akan mampu menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri dengan tepat waktu.

Ujian dilakukan secara tertulis untuk semua calon mahasiswa dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk calon mahasiswa yang mengambil bidang Seni dan Olahraga.

Berikut ini akan dijelaskan tata cara pendaftran online SBMPTN:
  1. Buka alamat pendaftaran SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Lakukan pengisian data awal dan cetak kartu pengisian data awal jika telah mengisinya.
  3. Bawa kartu tersebut saat membayar biaya pendaftaran di Bank.
  4. Setelah membayar, akan mendapatkan KAP dan PIN.
  5. Gunakan KAP dan PIN untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  6. Melakukan pengisian data, saat memilih Universitas, Pilih UNTAN.
  7. Mencetak kartu tanda peserta.
  8. Membawa kartu tersebut dan perlengkapan lainnya saat ujian.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri UNTAN

Jalur Mandiri UNTAN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diadakan secara khusus oleh panitia Universitas Tanjungpura (UNTAN). Jalur ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang memiliki kemampuan untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi yang diminatinya serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ujian yang akan diberikan berupa ujian tertulis dan ujian keterampilan untuk program studi Olahraga, Seni Tari dan Musik. Jenis Tes yang akan diujian terdiri dari beberapa jenis yaitu:
  • Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Tes Kemampuan IPA, terdiri dari: Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan IPS, terdiri dari: Sejarah, Geografi, Ekonomi dan IPS terpadu
  • Tes Kemampuan Bahasa, terdiri dari: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Keterangan lain yang dibutuhkan bisa dibaca diwebsite UNTAN. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi UNTAN yaitu http://scmb.untan.ac.id

4. Pendaftaran Bidikmisi UNTAN

Bidikmisi merupakan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan calon mahasiswa tersebut mempunyai prestasi yang unggul di sekolahnya. Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat  website resminya yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

5. Pendaftaran Pascasarjana UNTAN

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana, UNTAN juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang pascasarjana di UNTAN, silahkan daftarkan diri anda. Informasi pendaftaran dapat diakses melalui alamat www.untan.ac.id.

Itulah beberapa jalur seleksi masuk ke UNTAN. Silahkan ikuti jalur mana saja yang anda inginkan. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNTAN.

Biaya Kuliah Mahasiswa Baru Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Bersama UNTAN Membangun Negeri - Biaya Kuliah Universitas Tanjungpura (UNTAN) Tahun Ajaran 2018/2019
Biaya Kuliah Universitas Tanjungpura (UNTAN) Tahun Ajaran 2018/2019
Bersama UNTAN Membangun Negeri

Kembali ke Daftar isi ↑

Organisasi Kemahasiswaan Universitas UNTAN Membangun Negeri dengan Organisasi

Cara membangun negeri yang dilakukan oleh Universitas UNTAN terbilang sangat banyak, bukan hanya sekedar melalui Mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi dalam membangun negeri yang multikultural dan mengajak mahasiswa untuk membangun negeri dengan kekayaan intelektual yang dimiliki Indonesia.

Seperti pengertian membangun negeri yang sudah saya katakan diawal artikel membangun negeri ini, bahwa slogan membangun negeri bukan hanya sekedar angan-angan belaka yang dimiliki oleh Universitas Tanjungpura yaitu bersama untan membangun negeri dengan Semangat dan saling bersinergi untuk membuat Bangsa Indonesia semakin ditakuti dunia.

Organisasi Kemahasiswaan terdapat pada tingkat Universitas dan tingkat Fakultas, antara lain berupa Keluarga Besar Mahasiswa/Badan Eksekutif Mahasiswa (KBM/BEM), Resimen Mahasiswa (Menwa), Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala), Koperasi Mahasiswa (Kopma), Badan Kerohanian Mahasiswa (BKM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Kembali ke Daftar isi ↑

Tingkat Universitas:

  1. Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM-KB Untan).
  2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).
  3. Unit Kegiatan Mahasiswa: Kesatuan MENWA 601, Pramuka Gudep 04041 – 04042, MAPALA, GRAPHI, KOPMA, BKMI, KMK, PMK, BUDHIS, Persatuan Olahraga Bela Diri (POBU), Peduli NAPZA, Pers Mahasiswa Mimbar, Bimbingan dan Konseling, KSR-PMI.

Tingkat Fakultas:

  • Fakultas Hukum : DPM, BEM, MAKUMPALA, HMJ ILMU Hukum, Lembaga Seni KOPIAH, FKM Islam (Al-Mizan), FKM Katolik (Pijar), FKM Kristen.
  • Fakultas Ekonomi : DPM, BEM, HMJ Studi Pembangunan, HMJ Manajemen, HMJ Akuntansi, Mapala MEPA, FKMI Al-Iqtishad, FKM Katolik (Gameka), FKM Kristen.
  • Fakultas Pertanian : DPM, BEM, HMJ Ilmu Tanah, HMJ Manajemen, HMJ Agribisnis, HMJ Agronomi, HMJ Perkebunan, FKM Islam (Ulul Al-Bab), FKM Katolik (Imakulata), FKM Kristen (Green Campuss).
  • Fakultas Teknik : MPM, DEMA, HMJ Teknik Sipil, HMJ Elektro, HMJ Arsitektur, HMJ Informatika, FTBC (Bridge), Mapala Teknik, FKM Islam (Al-Istiqomah), FKM Katolik (Cafatifa), FKM Kristen.
  • Fakultas ISIP : DPM, BEM, HMJ Sosiologi, HMJ IAN, Bengkel Seni, FKM Islam (Nuruddin), FKM Katolik (Kewaka), FKM Kristen (IMKP), Mapala Gempa, HIMADATA.
  • Fakultas KIP : DPM, BEM,MHJ Matematika, MHJ Fisika, HMJ  Kimia, HMJ Biologi, HMJ Bahasa Indonesia, HMJ Bahasa Inggris, HMJ PGSD, HMPJKR, Mapala Gempar, FKM Islam (At Tarbawi), FKM Katolik (Gamaska), FKM Kristen (Japemkri), Sanggar Kiprah.
  • Fakultas Kehutanan : DPM, BEM, HMJ Teknologi Hasil Hutan, HMJ Manajemen Hutan, FKMI Asy-Syajaroh, FKM Katolik (Konstulata), FKM Kristen (Forestry), UKM SILVA, Seni Palasari, Karya Tulis.
  • Fakultas MIPA : DPM, BEM, HMJ Kimia, HMJ Fisika, HMJ Matematika, HMJ Biologi, HMJ Kedokteran, HMJ Farmasi, HMJ Komputer, FKMI Al- Fikri, FKM Katolik, FKM Kristen, UKM Seni, UKM Bridge.

12 Prestasi Mahasiswa UNTAN dalam Membangun Negeri bersama Universitas Tanjungpura

Seperti yang sudah Saya katakan sebelumnya bahwa Universitas Tanjungpura (UNTAN) memiliki Slogan Menarik yang mampu membangkitkan Api Semangat para Mahasiswa nya untuk turut bersama untan membangun negeri yang semakin Berkualitas, Bukan hanya itu saja bahwa UNTAN memiliki banyak Cara Membangun Negeri yang diterapkan kepada seluruh mahasiswa nya agar meraih prestasi tingkat nasional hingga internasional.

Prestasi-prestasi yang diraih oleh Mahasiswa Universitas Tanjungpura dalam membangun negeri yang produktif terbilang sudah sangat banyak sekali yang diraih oleh mahasiswa nya dari beberapa fakultas yang menjadi incaran para calon mahasiswa baru pada universitas untan dan semua Universitas di Inonesia dan inilah Daftar 12 Prestasi Mahasiswa Universitas Tanjungpura (UNTAN) dalam Membangun Negeri yang Berkualitas adalah sebagai berikut:
  1. Juara 2 Lomba Wirausaha Mandiri Bidang Usaha Market Desain Gudang 3D oleh Jelsy Meivira (Mahasiswa Teknik Sipil UNTAN).
  2. Juara 3 Mine Ventilation, Juara 3 Rolling Resistance, Juara 3 Exploration Drill, Juara 2 Panning pada Event KSMC (Kalimantan Student Mining Competition) oleh Mahasiswa Teknik Pertambangan UNTAN.
  3. Juara 1 Ajang Seguni Dragon Boar Race Tingkat Nasional oleh Tim Dayung UNTAN.
  4. Juara 3 Kompetisi Robot Seleksi Tahap Ketiga di Universitas Telkom Bandung oleh Tim KRPAI Robot Pemadam Api UNTAN.
  5. Juara 1 Tim Mahasiswa, Juara 3 Tim Mahasiswi dan Juara 2 Kategori Berpasangan oleh Mahasiswa Fakultas Teknik UNTAN pada Ajang Kejurnas Bridges ke-55 Tahun 2017.
  6. 3 Juara Harapan pada Ajang Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Mahasiswa Nasional (MTQ MN) Ke XV.
  7. Mahasiswa UNTAN Terpilih mengikuti Program YSEALI (Young Southeast Leaders Initiative Academic Fellowship).
  8. Juara 1 Lomba Karya Tulis Green Chemistry 2017 di Kampus UNPAD Bandung.
  9. Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional oleh Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNTAN.
  10. Juara 3 LKP Tingkat Umum Se-Kalimantan Barat Tahun 2017 oleh Mahasiswa Teknik Lingkungan UNTAN.
  11. Juara 2 Karya Tulis Ilmiah di ITB oleh Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Faperta UNTAN.
  12. Juara 3 LKTI Tingkat Nasional oleh Mahasiswa Program Studi Kimia FMIPA UNTAN.
Bagaimana dengan prestasi mahasisswa untan dalam membangun negeri yang telah Saya sebutkan diatas? Membanggakan pihak universitas untan dan pemerintah bukan?

Banyak segudang cara yang bisa dilakukan untuk membangun negeri, menjadi seorang mahasiswa membangun negeri bukan sebuah hal yang sulit. Inovasi membangun negeri sendiri pun bisa kita ciptakan melalui universitas lainnya, jadi Marilah kita semangat membangun negeri semakin berkualitas dengan semua prestasi hingga ke tingkat kancah internasional.

Kembali ke Daftar isi ↑

Demikianlah penjelasan artikel ini yang bisa saya ulas dengan sepenuh hati, apabila Artikel tentang Universitas Tanjungpura (UNTAN) ini dirasa bermanfaat silakan bagikan juga ke teman-teman lainnya melalui media sosial Anda.

Tak lupa pula juga Saya berterima kasih kepada semua sobat pengunjung setia yang udah membaca Artikel ini sampai selesai yang sengaja Saya bikin dalam memeriahkan dan mengikuti kontes seo yang diadakan oleh Universitas Tanjungpura dengan kata kunci: Bersama UNTAN Membangun Negeri.

Oh iya, Saya juga membahas lengkap artikel tentang penyedia ssl certificate terbaik di indonesia yang mungkin saja belum Anda ketahui, dan mungkin bagi Anda yang blog nya menggunakan ssl certificate maka wajib segera menggunakannya agar google semakin cinta dengan blog atau website Anda.

Kata Kunci Hasil Pencarian:

Baca juga:





WAJIB DIKETAHUI!
Iklan yang tampil pada halaman Situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan Slot Kosong. Jadi jika ada iklan yang kurang berkenan untuk Anda, harap informasikan kepada kami melalui Formulir Kontak Situs ini untuk selanjutnya akan Kami sampaikan ke pihak Google, Terima Kasih!

Admin
Adalah Tempatnya Panduan Blogger dan Belajar SEO untuk Pemula, Berita Teknologi Terbaru Seputar Smartphone Terbaru dan Tips Gaya Hidup Sehat.

Facebook CommentsBukaTutup
Disqus CommentsBukaTutup

close