7 Hal Penting Yang Wajib Diketahui Sebelum Mencari dan Membeli Rumah Baru!
7 Hal Penting Yang Wajib Diketahui Sebelum Mencari dan Membeli Rumah Baru!

7 Hal Penting Yang Wajib Diketahui Sebelum Mencari dan Membeli Rumah Baru!

Memiliki rumah baru merupakan cita-cita hampir semua orang. Membeli rumah baru itu gampang-gampang susah, apalagi untuk Anda yang baru pertama kali berniat membeli rumah baru.



Memiliki rumah baru merupakan cita-cita hampir semua orang. Membeli rumah baru itu gampang-gampang susah, apalagi untuk Anda yang baru pertama kali berniat membeli rumah baru. Terkadang, membeli rumah baru bisa menjadi proses yang cukup panjang dan menguras energi.

Sebagian orang bahkan memercayai bahwa membeli rumah baru itu berarti siap berkomitmen. Bagaimana tidak, pasalnya mempunyai rumah baru sendiri, berarti akan memperhitungkan adanya  biaya pemeliharaan rumah. Sebelum membeli rumah baru, banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan secara matang selain harus memeriksa kelengkapan dokumen rumah.

inilah 7 hal Penting yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mencari dan Membeli Rumah Baru!


1. Cek Harga Rumah dan Kemampuan Keuangan Anda


Anda harus teliti dengan harga yang dipatok untuk rumah baru tersebut. Cek lagi, harga rumah sudah mencakup apa saja. Biasanya harga rumah sudah termasuk PPN 10%, biaya Akta Jual Beli (AJB) dan biaya Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Tapi harga belum termasuk Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan (BPHTB) dan biaya KPR (provisi, notaris, administrasi, asuransi jiwa dan kebakaran, APHT, etc). Harga rumah (tanah dan bangunan) ditambah dengan BPHTB biasanya disebut dengan ‘harga pengikatan’.

Untuk pembayaran rumah baru dengan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank, perhatikan tahapan pembayaran rumah baru dari uang tanda jadi sampai akad kredit. Jangan sampai Anda salah paham atau justru persiapan uangmu kurang.

Jangan langsung tergiur dan berpikir pendek untuk langsung membeli rumah baru yang pertama kali Anda lihat. Lakukan peninjauan terlebih dahulu. Anda dapat mencari informasi mengenai harga pasaran rumah baru di daerah tersebut baik itu secara online atau secara langsung untuk memastikan harga terbaik. Keputusan terakhir yang Anda buat sebaiknya didasari hasil riset harga pasar.

2. Periksa dan Teliti Kondisi Rumah Tersebut


Salah satu hal yang harus dilakukan saat membeli rumah baru adalah, memeriksa kualitas dan kondisi keseluruhan rumah baru yang menjadi incaranmu. Jangan sampai Anda menemukan kecacatan serius yang ditutupi oleh si penjual rumah. Periksa juga kondisi bangunan rumah baru, apakah bangunan dalam kondisi baik dan kuat.  Cek semua saluran air apakah berfungsi dengan baik. Apa huniannya sehat?

Jika menemukan kecacatan pada rumah baru, Anda perlu bernegosiasi dengan pemilik rumah. Apakah Anda akan mendapat potongan harga atau penjual bersedia melakukan perbaikan, Anda berhak membatalkan pembelian pada rumah baru tersebut.

Lakukan survei secara mendetil pada rumah baru yang akan Anda beli. Survei bisa dilakukan melalui Internet atau survei lapangan. Anda bisa membuat komparasi, scoring, dan analisa berdasarkan parameter dan spesifikasi rumah baru yang Anda inginkan. Biasanya, pemetaan denah ruang dilengkapi dengan ukuran ruangan dengan skala tertentu. Pelajari ukuran ruangan dengan baik agar Anda bisa memiliki visualisasi yang jelas mengenai fungsi ruang satu sama lain.

Anda juga perlu memperhatikan pengembang atau kontraktor rumah baru tersebut. Jika Anda ragu dengan hasil pekerjaan mereka, tidak ada salahnya mengecek langsung ke lokasi tempat mereka menggarap proyek terbaru. Cek legalitas izin pembangunan, apakah mereka mematuhi hukum dan menjalankan bisnisnya dengan disiplin.

3. Memeriksa Keamanan Rumah dan Lingkungan dekat Rumah Tersebut

7 Hal Penting Yang Wajib Diketahui Sebelum Mencari dan Membeli Rumah Baru!

Memperhatikan kondisi lingkungan juga merupakan hal penting sebelum membeli rumah baru. Perhatikan apakah lingkungan rumah baru tersebut cukup kondusif untuk tempat tinggal. Memeriksa keamanan lingkungan rumah baru juga jangan sampai Anda lewatkan. Ketahui budaya masyarakat sekitar serta tingkat kriminalitasnya.

Untuk keluarga muda yang memiliki anak kecil, pilihlah rumah baru di dalam perumahan karena lebih memudahkan dalam manajemen anak. Di dalam perumahan juga relatif lebih aman karena biasanya ada satpam serta ada fasilitas CCTV yang mengawasi arus keluar masuk kendaraan dan tamu.

4. Surat-surat Rumah Jelas dan Telah Terverifikasi (SHM)


Kejelasan surat ini penting agar kita memiliki kekuatan dimata hukum atas kepemilikan rumah kita, selain itu ketidakjelasan akan membuat hidup menjadi tidak tenang.

5. Pilihlah Rumah yang Siap Huni


Jangan sampai sahabat membeli rumah namun sahabat masih harus melakukan renovasi, karena belum ada dapur, blm ada tempat cuci, blm ada toren dll. Karena jika hal ini terjadi maka sahabat harus menyiapkan dana tambahan dan itu tidak kita inginkan bukan. Jadi pastikan Rumah yang sahabat beli sudah lengkap semua walaupun secara ukuran bangunan tidak terlalu besar.

6. Pilih Rumah yang Dekat dengan Fasilitas Ibadah


Yup, ini terkait visi keluarga kita, jika kita menginginkan keluarga yang baik maka kita harus membiasakan keluarga kita untuk terbiasa beribadah dan itu hanya bisa dilakukan jika rumah yang kita mau beli dekat dengan fasilitas ibadah, buat apa rumah bagus jika keluarga tidak taat pada yang menciptakannya.

7. Lokasi Rumah dekat dengan Fasilitas Pendidikan yang Baik dan Terjangkau


Selain rumah fasilitas pendidikan sangat mempengaruhi karakter anak, jika fasilitas pendidikan yg islami dekat rumah maka akan lebih memungkinkan anak kita menjadi semakin baik.

Dari 7 Hal penting diatas, saya memiliki sebuah Solusi Terbaik untuk Anda yang sedang mencari dan ingin membeli rumah baru untuk hidup bersama keluarga bahwa di daerah Citayam yang tepatnya berlokasi di Tugu Macan, Bojong Gede adalah lokasi yang strategis dan merupakan Sentra Bisnis Citayam juga merupakan salah satu Daerah paling banyak diminati oleh para Karyawan di Jakarta.

Kenapa Citayam saya katakan sebagai Lokasi Strategis untuk mencari dan membeli hunian baru impian? Seperti yang sudah saya singgung diatas tadi bahwa Citayam merupakan Pusat Bisnis yang berpotensi membuat Hidup Anda bersama Keluarga lebih termudahkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari yang sangat begitu dekat dengan Fasilitas Pendidikan, Ibadah, Fasilitas Taman bermain anak-anak, Jarak dengan Stasiun pun tidak jauh, Lingkungan yang Aman dan Nyaman,  hingga juga menjadi daerah dengan banyak sekali kuliner-kuliner yang dapat Anda nikmati dengan Akses yang sangat terjangkau.

Rumah Baru Impian di Citayam? Perumahan Surya Asri 1 (PSA) lah Pilihannya!


Saat ini terdapat sebuah Kompleks Perumahan Baru yang bernama Perumahan Surya Asri 1 (PSA) Tugu Macan, Citayam yang dikelola oleh Esa Property yang merupakan sebuah Konsultan dan Pengembang Property Indonesia baru saja kembali menyediakan hanya 24 Unit Rumah dalam Tiga Blok yakni Blok A (6 Unit), Blok B (12 Unit) dan Blok C (6 Unit) dengan harga dibawah pasaran disekitar Tugu Macan dengan Harga hanya 295 juta yang telah siap huni dan memiliki fasilitas lengkap seperti Ruang Kamar Tidur yang Luas, Ruang Tamu Luas, Dapur, Air, Listrik, Toren, dan lain sebagainya.




Bukan hanya itu saja, Perumahan Surya Asri 1 Citayam ini memberikan kelebihan yang tidak akan membuat Anda kecewa, seperti Spesifikasi bahan bangunan yang tinggi dengan batu kali sebagai pondasi nya, kusen alumunium dan atap nya pun menggunakan genting yang berpondasikan baja ringan, Jarak yang sangat dekat dengan Mushola, Fasilitas Pendidikan, dan Perumahan Surya Asri 1 ini pun Lingkungan Hidup yang Asri yang pada saat Anda masuk kedalam Kompleks Perumahan terlihat dengan Indah Nuansa Alam Hijau yang Nampak hingga Anda Masuk ke dalam Rumah Anda.

Dan yang tidak kalah penting lainnya adalah dengan DP 10%, Anda sudah bisa menempati Rumah Baru Impian Anda yang tanpa harus di renovasi lagi dengan Luas Bangunan (LB) hingga 40 meter dan memiliki Luas Tanah (LT) mencapai 60 meter yang bisa Anda cicil selama 6x atau 6 bulan serta Perumahan Surya Asri 1 (PSA) Tuju Macan, Citayam ini terlah Bekerjasama dengan Bank Syariah yang diridhoi Allah swt dan insya Allah akan membawa kehidupan Anda menjadi lebih Aman, Nyaman dan Tentram.

itulah sekelumit ulasan mengenai hal penting sebelum mencari dan membeli rumah baru yang wajib Anda ketahui dan terapkan agar tidak menyesal dikemudian hari, dan semoga tips mencari dan membeli rumah diatas bisa membantu Anda mewujudkan keinginan memiliki rumah impian Anda.

Bagi Anda yang sudah berminat, Silahkan Anda hubungi Pihak Pengelola Perumahan Surya Asri 1 Citayam melalui:

>> Official Website: www.esaproperty.com
>> Fanpages Resmi: ESA Property

Baca juga:





WAJIB DIKETAHUI!
Iklan yang tampil pada halaman Situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan Slot Kosong. Jadi jika ada iklan yang kurang berkenan untuk Anda, harap informasikan kepada kami melalui Formulir Kontak Situs ini untuk selanjutnya akan Kami sampaikan ke pihak Google, Terima Kasih!

Admin
Adalah Tempatnya Panduan Blogger dan Belajar SEO untuk Pemula, Berita Teknologi Terbaru Seputar Smartphone Terbaru dan Tips Gaya Hidup Sehat.

Facebook CommentsBukaTutup
Disqus CommentsBukaTutup

close