SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!
SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Tren SEO Terbaru Tahun 2018 - Jika Berpikir secara logika dan berbicara tentang SEO setiap tahun selalu mengalami perubahan akan tren maupun strategi optimasi blog mulai dari yang mudah hingga yang susah pasti kita rasakan bukan?


SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

SEO - Jika Berpikir secara logika dan berbicara tentang SEO setiap tahun selalu mengalami perubahan akan tren maupun strategi optimasi blog mulai dari yang mudah hingga yang susah pasti kita rasakan bukan? Perubahan yang bisa dikatakan sedikit hingga keseluruhan akan Teknik SEO pada setiap tahunnya cukup membuat gentar akan turun nya pengunjung blog yang terkadang membuat para blogger dan internet marketer menjadi panik yang bisa saja bikin omzet bisnis menurun drastis akibat Perkembangan Tren SEO Tahun 2018 yang semakin sulit untuk dipahami dan terapkan kepada Blog atau Website kita.

Daftar isi

Pada dasarnya, algoritma google bakal terus dikembangkan dan diupdate secara realtime guna apa yang udah saya singgung diatas tadi dan google pun kembali mengupdate algorima google rankbrain alias kecerdasan buatan menjadi salah satu faktor untuk memberikan hasil pencarian yang relevan untuk semua pengguna nya dan karena itulah saya disini ingin membahas lebih jauh beberapa tren SEO yang penting untuk diperhatikan oleh para blogger, internet marketer, pebisnis online agar kesuksesan SEO nya bisa tercapai dengan mudah.

Apa itu SEO? 


Bagi para blogger pemula (seperti saya), ternyata oh ternyata setelah saya riset dari banyak grub di berbagai media sosial seperti facebook, google plus, whatsapp dan sebagainya, ternyata masih banyak yang ngomong, Apa itu SEO? Tujuan nya untuk blog atau bisnis apa sih? Dan lain sebagainya.

SEO adalah sebuah kependekan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan masih banyak lagi yang pada umumnya SEO merupakan sebuah proses optimasi atau Teknik dan Strategi optimasi Blog atau memberi kekuatan kepada blog/website agar masuk ke halaman pertama di search engine yang bertujuan untuk meningkatkan pengunjung blog, membuat popularitas blog menjadi semakin menjadi-jadi, meningkatkan omzet penjualan produk suatu bisnis, meningkatkan daya saing, sesuai apa yang ditergetkan.

Jangan pernah meremehkan Konsep Dasar SEO..
SEO memiliki konsep yang luas dan kompleks serta sulit untuk dipahami.


Namun, dengan menerapkan konsep dasar seo pada blog, secara otomatis kita akan merasakan kesenangan tersendiri akan blog yang semakin kuat dan mampu mendominasi rangking 1-10 di halaman pertama google atau search engine lainnya.

Back to Content ↑

Konsep Dasar SEO untuk Mendominasi Halaman Pertama Google

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Pemahaman Dasar SEO merupakan sebuah Pondasi terkuat yang bisa dikatakan sangat penting dan wajib Anda ketahui di dalam dunia blog, internet marketing, bisnis online dan terutama pada dunia SEO (Search Engine Optimization) karena hal tersebut adalah suatu hal yang wajib diterapkan Bila Anda ingin menjadi blogger professional, pakar seo atau praktisi seo, internet marketer, toko online dan pebisnis online membuat blog atau website yang berada pada rangking 1 sampai 10 di halaman pertama google menggunakan kata kunci atau keyword yang telah Anda bidik atau targetkan guna meningkatkan pengunjung blog, meningkatkan penjualan, memperluas popularitas blog atau website Anda.

Saya nggak akan membahas Panjang lebar terkait pemahaman ilmu SEO, karena konten ini nggak bakal kelar dibaca, bisa sih saya bahas semua Panjang lebar ya paling juga pas artikel ini selesai mencapai 10k kata lebih hehe. Tapi tenang, saya kasih sedikit pengertian seo untuk pemula.

Yang perlu Anda ketahui dan pahami bahwa SEO hanya memiliki 2 Konsep Dasar, yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage. Namun, dari dua konsep tersebut terbagi lagi menjadi banyak bagian.

Back to Content ↑

SEO Onpage: Optimasi Mesin Pencari melalui Internal Blog atau Website, mendapat Rangking Atas di Google!


SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Apa itu SEO Onpage?


Menjadi kalimat diatas sepertinya udah nggak asing lagi bukan? 80% Blogger dan semua internet marketer pasti mengetahuinya terkecuali blogger pemula atau seseorang yang baru mau masuk kedalam dunia seo.

SEO Onpage adalah sebuah cara atau teknik optimasi keseluruhan halaman blog atau website dengan menerapkan keyword yang telah di targetkan kedalam keseluruhan halaman blog maupun itu blogspot, wordpress, dll. Apa saja komponen didalam konsep dasar SEO Onpage?

Konsep Dasar SEO pada umumnya:

  1. Keyword
  2. Judul
  3. URL (Permalink)
  4. Meta Description
  5. Heading (h1, h2, h3, h4, h5 dan h6)
  6. Images Title dan ALT Text
  7. Internal dan Outbound Link
  8. Social Sharing
  9. Kecepatan Loading Blog

Back to Content ↑

Sedangkan..

SEO Offpage: Optimasi Blog melalui Media Sosial dan Link Building


Nah, yang ini bisa dibilang sebagai sebuah teknik optimasi blog yang paling sering saya lakukan guna mendongkrak atau meningkatkan trafik blog dengan cara mempromosikan blog di media sosial dan juga meningkatkan rangking blog pada hasil pencarian di halaman pertama google atau mesin pencari lainnya dan SEO Offpage juga memiliki dua istilah dalam menerapkan Teknik seo offpage ini yaitu White Hat SEO dan Black Hat SEO.

Konsep Dasar SEO Offpage sebenarnya banyak, namun yang paling penting hanya dua yaitu Backlink (Link Building) dan Mempromosikan Blog di Media Sosial.

Lalu apa itu Backlink? Lain waktu akan saya bahas mengenai pengertian backlink secara lengkap dan cara penerapan untuk blog guna mendongkrak rangking blog di mesin pencari.

Back to Content ↑

Oke lanjut..
..

SEO Starter Guide: Cara Kerja SEO Terbaru 2018 dari Google


Tahun 2018 ini bisa dibilang menjadi ajang yang sangat menarik bagi para blogger dari Pamula hingga Profesional, praktisi seo, pakar seo, internet marketer dan toko online. Bagaimana nggak coba, Panduan Belajar SEO yang disediakan oleh Google menjelaskan bahwa cara kerja SEO telah diupdate dan dirilis pada 12 Desember 2017 yang lalu.

Bagi Anda yang ingin mempelajari secara lengkap mengenai cara optimasi SEO atau Teknik SEO Terbaru 2018 langsung dari yang punya algoritma mesin pencari google, Anda dapat mempelajarinya melalui link dibawah ini:

..SEO Starter Guide 2018

Pada artikel ini juga saya nggak akan membahas satu persatu point yang tersdia pada SEO Starter Guide 2018 untuk membuat blog atau website Anda mudah tampil di mesin pencari google.

Tapi, Saya akan memberikan beberapa insight penting terkait Cara Kerja SEO 2018 atau Perkembangan SEO Terbaru 2018 ini, tujuannya agar Teknik SEO atau Strategi SEO blog atau website kita nggak akan nyasar ke rumah mantan ehh salah arah di tahun 2018 ini.

Mungkin Anda belum mengetahui ini bahwa SEO Starter Guide sepanjang Sejarah Google baru dirilis sebanyak tiga kali dan jika Anda sangat tertarik mengetahui versi sebelumnya dan mempelajarinya, baik itu Bahasa inggris maupun Indonesia yang bisa Anda download dalam bentul file PDF, silahkan Anda visit melalui Link dibawah ini:

Edisi 2008 – SEO Starter Guide (English Version) | (Versi Indonesia)
Edisi 2010 – SEO Starter Guide Terbaru 2010

Nah, jika Anda sudah memahami tiga pedoman SEO diatas, barulah kita bisa menemukan perbedaan dan menerka seperti apa Trend SEO di tahun ini maupun tahun selanjutnya akan bekerja dengan maksimal untuk blog atau website kita.

Back to Content ↑

Menurut saya, terdapat tiga update yang cukup menonjol dijelaskan Google secara krusial pada SEO Starter Guide dan ketika update tersebut adalah….

SEO Mobile Device

Maksudnya adalah Sebagaimana apa yang sudah saya singgung pada postingan blog ini mengenai Masa Depan SEO. Hasil pencarian di halaman pertama hingga terakhir pada mesin pencari google melalui mobile akan semakin dominan dan relevan dari waktu ke waktu.

Hal ini terbukti dari Best Practice yang disarankan oleh empunya mesin pencari google pada Starter Guide SEO ini bahwa halaman blog atau website harus bisa diakses dengan interface yang responsive pada semua jenis device.

Hal tersebut sedikitnya agak berbeda dengan praktik SEO lawas, dimana kebanyakan blog atau website di era sebelum ini wajib blog atau website yang terpisah untuk versi mobile (pada umumnya dengan ditandai oleh subdomain yang berawalan m – seperti m.facebook.com, dll).

Saat ini, pengguna internet maupun google dominan melalui smartphone yang beragam jenisnya dengan tampilan gadget yang sudah beragam dan memaksa tampilan blog atau website harus responsive atau kompatibel dengan semua jenis device tak terkecuali smartphone.

Jika saat ini Blog atau Website Anda belum memiliki tampilan responsive dan Anda kesulitan dalam membuat blog atau website yang kompatibel dengan semua jenis device, saran saja sih gunakan jasa design website profesional, terpercaya dan kekinian guna membuat pengunjung blog lebih betah dengan tampilan yang menarik serta meningkatkan kualitas SEO nya itu sendiri.

Back to Content ↑

Rekomendasi Google untuk Merekrut atau Menggunakan SEO Expert alias Jasa SEO Profesional


Sedikitnya adalah Update an terbaru yang telah diperbaharui oleh Google, itu artinya muncul rekomendasi langsung dari sang mesin pencari raksasa google menggunakan jasa seo yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan performa seo website atau blog Anda pada mesin pencari google.

Pada rilis resmi nya, google mengungkapkan secara eksplisit alias krusial:

“Do you need an SEO expert?
An SEO ‘Search Engine Optimization’ expert is someone trained to improve your blog or site visibility on search engines. By following this guide, you should learn enough to be well on your way to an optimized site. In addition to that, you may want to consider hiring an SEO professional that can help you audit your pages.“

Ya bagaimana pun itu Google sangat memahami bahwa Website atau Blog Anda tampil di halaman pertama google bukanlah sebuah hal mudah.

Nah, karena hal itu cara paling mudah dan bagi Anda yang malas pusing dan juga super sibuk dengan aktifitas sehingga nggak sempat untuk mengurusi seo blog atau website bisnis Anda, saran terbaik dari saya dan google adalah menggunakan jasa seo profesional dan terpercaya zaman now yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun untuk segera meningkatkan pengunjung blog, meningkatkan trafik website yang berpotensi berubah menjadi meningkatkan omzet penjualan bisnis Anda.

Pada dasarnya sih, dengan perkembangan seo yang semakin maju dan sulit untuk dipahami, mulai dari tools seo, metrik yang sangat beragam jenisnya, dan pemahaman White Hat SEO hingga Black Hat SEO, maka udah jadi hal sangat penting bagi Anda untuk memastikan bagaimana cara kerja seo website yang optimal dan dengan cara yang benar.

Itulah 2 hal yang di update oleh google mengenai seo starter guide yang bisa dibilang masih anget-anget nya untuk dipahami dan diterapkan pada blog atau website Anda.

Back to Content ↑

Oke..
Kita balik lagi ke topik utama kita..

Tren SEO 2018 dan Faktor Kesuksesan SEO Blog atau Website


Mari kita hadapi semua kenyataan pahit ini, mengembangkan dan menerapkan teknik seo saat ini bukan lah hal yang mudah. Dengan selalu berubahnya interface search engine yang semakin berkembang dalam memenuhi kebutuhan akan informasi yang bisa menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Perubahan dan pembaruan algoritma google penguin secara realtime, dan beberapa waktu lalu pun google kembali mengupdate algoritma google panda yang menjadi ‘polisi search engine’ dan bikin para Spammer menjadi grasak-grusuk yang memiliki banyak blog agc, ataupun blog zombie yang mereka jadikan sebagai salah satu backlink berkualitas. Akan tetapi ada apa saja sebenernya sih sama Tren SEO tahun 2018 ini?

Yang pasti dengan adanya Tren Perkembangan SEO 2018 ini bakal bikin Anda semakin semangat untuk membuat konten berkualitas dan disukai pengunjung dan juga dapat meningkatkan omzet penjualan pada bisnis Anda.

Back to Content ↑

Apa sih Pentingnya Mengikuti Tren SEO untuk Blog dan Omzet Bisnis?


Jadi gini..

Jaman sekarang, salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah menggunakan Blog atau Website dan juga Media Sosial, ya kan?

Nah, Jika Website yang menjadi ‘Tunggangan’ Bisnis Anda bila tidak dibarengi dengan Optimasi yang selalu diperbarui sesuai dengan Perkembangan SEO terbaru saat ini..

Percaya nggak percaya secara perlahan peringkat website atau trafik pengunjung blog akan menurun yang berasal dari mesin pencari dan juga omzet penjualan yang biasanya tinggi melalui mesin pencari juga ikut menurun, rugi kan?

Dan setiap tahun nya memiliki banyak sekali Tren Terbaru SEO yang udah saya singgung diatas tadi, tapi apakah Anda tahu Tren SEO apa yang menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan.

Sebelum kita bahas lebih jauh lagi mengenai Perkembangan Tren SEO 2018 ini, coba pahami hal penting tentang seo yang wajib kita prioritasin..

Berikut ini Perkembangan Tren SEO Terpenting di Tahun 2018!


SEO sendiri merupakan salah satu strategi dalam dunia Digital Marketing dan menjadi bagian nggak bisa dipisahin perubahan era bisnis yang awal pemasaran nya offline menjadi online dan itulah transformasi tranformasi digital marketing.

Dari beberapa hasil penelitian oleh banyak pakar SEO dan Digital Marketing seperti Forrester dan Neil Patel, Algorima Mesin Pencari seperti Google adalah salah satu tren penting yang harus kita perhatikan dan waspadai pada setiap tahunnya termasuk tahun 2018 ini.

Dan..
..Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh pakar seo dan digital marketing diatas.

Bahwa semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog atau website Anda maka semakin banyak juga konversi yang kita dapetin seperti meningkatnya omzet bisnis secara signifikan, dan khususnya untuk para blogger pun blog nya mendapatnya banyak pengunjung yang berlangganan artikel terbaru atau ebook dan lainnya..

Semua itu berkat apa…?

Konten Berkualitas yang Dibutuhkan Pengunjung dan Disukai Google!

…tapi apakah Anda tau bahwa faktor kesuksesan seo sebuah blog atau website terdapat 200 Faktor? Saya rasa masih banyak yang belum mengetahui 200 faktor kesuksesan seo dibawah ini.

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Paham nggak sama 200 faktor kesuksesan seo blog diatas? Hehe pening ya? Tenang, nanti saya bahas di lain artikel.

Tapi...

Beberapa Tren SEO 2018 yang akan kita bahas lengkap ternyata masih ada hubungan nya sama 200 faktor diatas, pasti Anda nggak nyangka kan? Sama saya juga!

Back to Content ↑

inilah 8 Perkembangan Tren SEO Terbaru di Tahun 2018 yang harus Anda terapkan pada Blog atau Website untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog atau Website dan Omzet Bisnis Anda!


1. Sistem Kecerdasan Buatan dan dipelopori Algoritma Rankbrain Google Terbaru yang biasa disebut dengan Machine Learning dan Artificial Intelligent (AI).

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Gimana? Cukup rumit ya? Baiknya sebelum lanjut baca lebih mendalam mengenai artikel ini, saya sarankan bikin kopi atau teh manis dan cemilan sambil duduk yang nyaman biar rileks dan akan saya coba jelasin sesederhana mungkin sebisa saya ya hehe

Apa itu Algoritma Rankbrain Google? Pengertian Secara Spesifiknya bagaimana? Lalu apa hubungan nya sama Sistem Kecerdasan Buatan?

Jadi gini bray and sist…

Algoritma Rankbrain Google adalah salah satu Algoritma Google terbaru yang diluncurkan pada 26 Oktober 2015 silam sebagai algoritma yang mempelajari kecerdasan buatan manusia yang inovatif pada saat ini hingga masa depan untuk membantu memproses hasil pencarian yang lebih relevan, akurat, informatif, bermanfaat dan berkualitas pada mesin pencari google kepada semua pengguna nya.

dan algoritma rankbrain google pun telah dinobatkan sebagai faktor peringkat ketiga algoritma paling penting setelah algoritma google hammingbirds dan algoritma google penguin.

...yang penggunaannya telah dikonfirmasi sang google pada lepas 26 oktober 2015. Ini membantu google untuk memproses hasil pencarian serta menyampaikan yang akan terjadi pencarian yang lebih relevan bagi pengguna.

Mengutip dari berbagai sumber dan praktisi seo, Beberapa tahun lalu sebelum terciptanya Algoritma Rankbrain Google memiliki banyak permasalahan pada sistem pencarian nya. Menurut survey oleh para praktisi seo algoritma google rankbrain ini terdapat 15% kata kunci yang diketik oleh manusia pada mesin pencari google adalah Keyword yang jarang digunakan alias jarang dicari oleh manusia lainnya. kemudian 15% lainnya adalah kata kunci yang nggak ada hubungan nya dengan yang lain. keyword yang jarang dicari tadi berjumlah sangat banyak yaitu 450 juta kata kunci dan setiap hari membuat sistem pencarian google menjadi pusing untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan dan akurat.

Telah banyak terbukti oleh banyak orang yang mengetik banyak kata kunci sembarangan alias asal-asal pada pencarian google, alhasil sistem google terpaksa menampilan hasil pencarian yang nggak relevan dan akurat. hal tersebut menurut google sangat lah berpengaruh pada kenyamanan pengguna atau User Exprience (UX).

dan dari situ lah muncul ide oleh developer google untuk membuat sistem algoritma pencarian google yang baru guna memberikan kenyamanan pengguna dalam menggunakan mesin pencari google dengan hasil pencarian yang relevan dan akurat dengan kata kunci 'terserah' yang diketik si manusia tersebut.

Gimana? Udah paham kan? Dan sebagai blogger harusnya udah ngerti kan maksudnya mengenai algoritma google rankbrain?

Sebagai Blogger Pemula yang lagi belajar mengenai ilmu seo lebih mendalam, saya coba bantu jelasin lebih simple lagi apa maksudnya dari algoritma rankbrain google yang menampilkan hasil relevan dan akurat pada mesin pencari.

Simak baik-baik ya…

..jadi gini..

Ada kalanya dan bahkan sebagai besar blogger menginginkan artikel nya bisa masuk ke pageone hingga bertengger dan bertahan pada rangking satu google, ya kan? Nah, sebenernya google udah menyederhana kan banget lho yaitu kita sebagai blogger harus menciptakan artikel atau konten berkualitas yang bermanfaat untuk pembaca blog kita.

Belum lama ini sebelum dan setelah update algoritma rankbrain google terbaru ini banyak kasus para blogger yang saya temukan di grup facebook blogger Indonesia mengeluh akan trafik pengunjung blog menurun dan banyak konten yang susah terindex di google. Sebenarnya itu bukan sebuah masalah besar, hanya saja itu siklus perubahan sistem algoritma yang dalam tahap percobaan sebelum diluncurkan kepada dunia digital.

Tapi..

Saran saya sebaiknya Anda harus selalu waspada terhadap algoritma google rankbrain ini yang bisa aja tanpa kita ketahui langsung berubah lagi sistem nya, nggak mau kan udah capek-capek bikin konten Panjang ehh nggak susah terindex google?

Back to Content ↑

Cara Menghadapi Algoritma Rankbrain Google Terbaru 2018


Untuk menghadapi perubahan Algoritma Rankbrain Google terbaru ini, Anda nggak harus kok ngerubah semua konten. Tapi yang pasti 3 hal dibawah ini adalah Perubahan yang harus segera Anda terapkan sekarang juga!

  1. Publish Konten yang Informatif: pertama, yang harus Anda lakukan nggak usah terlalu fokus pada mesin pencari, namun Anda harus lebih fokus kepada semua informasi untuk audience atau pengunjung blog atau website Anda. Karena hal tersebut bahwa penempatan keyword density harus Anda prediksi, teliti kembali dan berikan sinonim dari keyword utama didalam konten Anda agar pengunjung dapat mengerti dengan mudah dan konten Anda pun nggak akan mengalami penurunan rangking pada mesin pencari. 
  2. Berikan Jawaban Lengkap dan Sederhana kepada Audience: kedua, konten yang informatif pasti memberikan semua jawaban atas pertanyaan atau masalah yang sedang dihadapi oleh orang yang mencari penyelesaian nya pada mesin pencari google. Nah, terkait hal menghadapi algoritma rankbrain google maka Anda harus benar-benar bisa memberikan jawaban yang spesifik mengenai semua pertanyaan pengguna. Dengan begitu, mpunya mesin pencari terbesar di dunia ini akan lebih percaya dan memberikan penempatan yang terbaik untuk semua konten Anda.
  3. Please, Jangan Terlalu Fokus pada Mesin Pencari: ketiga, terkadang sang pemilik blog atau website sering kali mengoptimasi blog yang tujuannya hanya untuk menarik pengunjung saja yang tanpa memikirkan isi dari konten miliknya. Sekarang, rubah kebiasaan Anda tersebut, jika Anda terus melakukan hal tersebut ya siap-siap aja google akan menenggelamkan konten blog Anda, Sayang banget kan udah nangkring di pageone eh perlahan hilang dari peredaran, sayang banget kan? Karena hal itu, google sangat menyukai konten berkualitas yang dibutuhkan oleh semua penggunanya.

Nah kalo Anda ingin mempelajari dan memahami semua Tentang Algoritma Terbaru Google Rankbrain, Anda bisa membaca artikel nya di: All About The New Google RankBrain Algorithm, pada artikel tersebut Anda akan mendapatkan semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan Anda yang akurat dan tepat untuk algoritma rankbrain kali ini.

Back to Content ↑

Yuk kita lanjut ke tren seo nomor dua..

2. Algoritma Google Fred Terbaru Maret 2018: Temuan Menarik Terhadap Internal Link, Outbound/External Link, dan Backlink!

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Lagi dan lagi google kembali mengupdate sistem algoritma nya..

Mengutip dari laman Mastimon alias Timon Adiyoso yang belum lama ini membuat update an terbaru mengenai algoritma fred yang artikel nya berjudul Algoritma Google Terbaru Maret 2018 | Google Fred, artikel tersebut bisa dikatakan jelas dan sangat mudah dipahami sekalipun itu pemain seo pemula (seperti saya).

Artikel Berkualitas hasil besutan Mas Timon Adiyoso yang setelah saya riset lagi dari berbagai sumber termasuk Searchengineland. com dan Searchenginejournal. com, bahwa benar tepatnya pada tanggal 8 Maret 2018, google kembali mengupdate algoritma nya yang dinamakan Fred sebagai bentuk perbaikan terhadap kualitas mesin pencari google kepada konten blog untuk meningkatkan rangking yang lebih baik.

Apa itu Algoritma Google Fred Terbaru Maret 2018?

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Algoritma Google Fred adalah sebuah Algoritma Mesin Pencari Google terbaru yang awal mula namanya diusulkan oleh Gary illyes selaku Webmaster Trend Analyst di Google yang kemudian sistem nya diciptakan untuk berfokus pada Related Link alias Link Artikel Terkait dengan Artikel lainnya pada sebuah blog guna memberi penilaian relevan atau nggak nya dengan artikel lainnya pada blog/website tersebut.

Masih dari laman Mastimon.com


Algoritma Fred ini juga merupakan algoritma terbaru setelah RankBrain yang berfungsi untuk Memfilter antara Konten Ciptaan ‘Blogger Positif’ dengan ‘Blogger Negatif’ yang memiliki cara kerja cukup serius, Gary illyes menuturkan bahwa Google Fred Algorithm adalah algoritma yang bertujuan untuk menargetkan dan menurunkan rangking konten dari blog milik si blogger negatif.

Saya hal menarik yang bikin saya melotot dan semakin bersemangat mengulas artikel mastimon..

Apa itu? Kok bisa? Semenarik apa sih hal tersebut?

inilah Temuan Menarik mengenai Algoritma Google Fred Terbaru Maret 2018!

- Backlink Mati dan Link Tautan (Internal & External) yang nggak Relevan


Maksudnya? Jadi gini…

Setiap blogger yang membuat artikel berkualitas pasti ingin mendongkrak kekuatan artikel lainnya yang dibuat kata-kata internal link, contoh ‘Baca disini, Baca juga, Lihat Juga, Silahkan Kunjungi, dll’ yang dijadikan sebagai link aktif ke artikel lain yang ingin didongkrak ‘kekuatan dan jumlah view nya’.

Pada umumnya dari apa yang saya alami saat blogwalking ke blog orang, saya juga menemukan nggak sedikit dari kata-kata tersebut dari banyak blog sebagai link aktif menuju blog yang dijadikan sebagai referensi dan dijadikan sebagai backlink dari artikel tersebut dan juga nggak sedikit pas saya klik link tersebut, damn isi artikel nya nggak relevan dengan konten yang lagi dibahas.

dan google fred..

Akan menargetkan blog yang memiliki artikel dengan internal link yang mati (broken link), rusak atau artikel pada link tersebut telah diapus oleh si empunya blog.

Target Google Fred lainnya adalah membuat internal dan external link yang nggak relevan denga nisi artikel tersebut akan segera ditenggelamkan dari peredaran mesin pencari google. Missal saya membuat artikel ‘cara membuat artikel berkualitas seo’ akan tetapi saya bikin link baca juga yang mengarah ke artikel ‘daftar nama-nama jomblo di indonesia’ sangat nggak relevan kan? Sabar ya mblo #eehhh

Nah.. sebaiknya mulai dari sekarang juga Anda harus mengurangi bahkan stop lakukan tindak kejahatan tersebut kepada blog Anda sendiri dan berikan related link yang relevan dengan isi artikel blog Anda, hasil dari riset Statcounter dan Techwyse menghasilkan temuan menarik bahwa Backlink Berkualitas Buruk atau nggak relevan menyebabkan banyak blog yang mengalami penurunan trafik pengunjung dari mesin pencari secara signifikan akibat update terbaru dari sistem algoritma fred.

Lanjut……

….keduaa

- Algoritma Google Fred terhadap Iklan Google AdSense


Barry Schwartz selaku Pakar SEO dan Ahli SEO menemukan adanya hubungan antara Fred serta Monetisasi iklan dalam Riset yang beliau lakukan. Barry menuturkan:

"Jelas, Google Fred mampu berlaku buat jutaan situs web, namun jutaan situs web lainnya tidak terpuruk oleh pembaruan fred. Jadi apa yang terjadi? Nah, bukti tentu saja menunjukkan bahwa situs yang memprioritaskan monetisasi sehingga mengabaikan pengalaman pengguna atau user experience (UX) terkena dampak paling parah. Khususnya situs dengan inventaris iklan yang sangat banyak dengan konten yang cenderung sedikit".

Jadi..

Saran yang diberikan oleh Mas Timon Adiyoso ini sangat benar bahwa bagi blog yang memiliki konten sedikit harus segera lakukan perubahan dengan hanya memasang iklan adsense pada posisi yang tepat, yaitu iklan pada header, atas postingan, tengah dan akhir postingan. Sedangkan untuk iklan pada sidebar atau disamping postingan lebih baik tampilkan hanya pada desktop aja, jadi kalo blog dibuka lewat mobile maka iklan pada sidebar dan samping nggak akan tampil.

Dengan adanya update terbaru algoritma google fred ini berdampak kepada blog yang terjadi adalah penurunan trafik pengunjung atau peningkatan trafik pengunjung blog yang sangat drastis. Yang pasti untuk blogger negative sangat merugikan dan sebaliknya sangat menguntungkan bagi blogger positif, nah bagi Anda yang telah melakukan beberapa kesalahan diatas mulai saat ini harus dilakukan perubahan agar nggak sampe terkena Dampak Buruk Finalty Algoritma Google Fred.

Sudah paham kan mengenai google fred?..

..Oke kita lanjut ke Tren seo ketiga.

Back to Content ↑

3. AMP (Accelerated Mobile Pages): Mobile First Indexing!

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Makin pening ya? Sruput aja dulu itu kopi atau teh anget nya sambil ngemil gorengan atau apa gitu..

Udah rilekss belum?...
…Yuk deh bahas!

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!
Hasil Survey APJII terkait Jumlah Pengguna Internet melalui 2 Device Tahun 2017
Saat ini, pengguna internet udah lebih dominan kepada smartphone mereka karena lebih mudah dibawa kemana-mana dan akses internet pun udah sangat mudah dijangkau. Cara mengakali pengunjung blog kita pun terbilang sangat mudah tapi kita sendiri yang bikin ruwet alias ribet, menurut hasil penelitian para Praktisi SEO International dan Pakar Digital Marketing seperti Neil Patel dan Brian Dean (Backlinko) dan Google meyebutkan bahwa:

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!
via Backlinko

Mulai dari tahun 2016 hingga saat ini, 60% pengguna internet mengunjungi mesin mencari google melakukan browsing melalui mobile device dan kita tidak bisa lagi membendung dan membohongi bahwa kita sendiri pun lebih sering browsing melalui smartphone.

Artinya..

Kita dan Mereka cenderung lebih memilih mobile device dibanding browsing melalui pc atau laptop. Google menyarankan dan memberi notifikasi kepada para developer, blogger, pakar seo dan digital marketer melalui Google Webmaster Search Console agar kita bekerja semaksimal mungkin dalam pengembangan blog atau website yang berfokus pada mobile device pada sebuah artikel yang berjudul Google begins rolling out Mobile First Indexing to more sites.

Disisi lain… apakah Anda tau apa itu Mobile First Indexing?


..Banyak yang belum tau mengenai hal tersebut..

Apa itu Mobile First Indexing?


Mobile First Indexing adalah salah satu Faktor Meningkatkan SEO Blog yang terkandung pada komponen AMP Mobile SEO dan Template Web AMP memiliki responsive mobile friendly dengan load sangat cepat seperti nggak ada loading pada sebuah blog yang memaksa kita agar menggunakan template amp pada blog kita. Karena google pada saat ini dan kedepan akan lebih memberikan indexing cepat pada blog atau website yang fokus pada template mobile yang responsive, loading cepat yang bertujuan untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog secara Organik melalui Mesin Pencari Google.

Dan..

Dari hasil penelitian dan survey oleh google dan para pakar seo menghasilkan bahwa dari 100% blog atau website pada mesin pencari, hanya 23% yang menggunakan AMP Template.

Tapi…
..tenang aja. nggak usah risau.. Menurut saya penggunaan Template Blog AMP itu nggak Wajib kok!


SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Kita cukup membuat Template blog kita semakin Responsive Mobile Friendly dan Mudah diakses melalui Smartphone alias Loading yang sangat cepat (kalau bisa setara dengan AMP), karena jika blog nggak bisa kebuka total selama 10 detik bahkan kurang dari itu maka pengunjung akan langsung close your blog! Semakin lama loading blog maka semakin besar juga Bounce Rate nya!

dan terus membuat konten berkualitas agar pengunjung semakin puas akan konten yang kita sajikan...

Back to Content ↑

…Lanjut ke tren seo ketiga.

3. Struktur Data: mulai dari Rich Snippets hingga Click Trough Rate (CTR)

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Semua pengguna mesin pencari google sudah pasti tau..

Bahwa seach engine google pada umumnya memiliki 10 hasil pencarian pada halaman pertama dan seterusnya..

…Lalu apa hubungan nya sama Struktur data Blog atau website dengan hasil pencarian google?

Anda seorang blogger, pemain seo, developer template blogger atau website pasti mengenal apa itu struktur data website yang rapih bukan? nah, kebanyakan kasus pada blog yang sangat mudah masuk kedalam halaman pertama google pasti memiliki struktur data yang terstruktur dan rapih.

Mungkin banyak juga yang belum mengetahui apa itu struktur data, coba pahami pengertian struktur data blog (Struktured Data) dibawah ini:

Menurut saya begini..

Struktur Data (Struktured Data) adalah cara Pemformatan Script HTML, CSS, Javascript yang menggunakan kosa-kata atau merubah logika menjadi deretan kode yang bertujuan untuk memberi tahu mesin pencari google bagaimana cara menafsirkan atau menjelaskan konten blog yang berisi pada rich snippets & meta description serta bagaimana menampilkannya di SERPs (Search Engine Pages Results) atau hasil pencarian pada mesin pencari.

Udah paham belum mengenai pengertian struktur data blog yang juga saya lampirkan pada gambar diatas?

Bagus deh kalo udah paham.. tapi.

..Google memang nggak pernah secara resmi mengkonfirmasi bahwa website atau blog dengan struktur data yang terstruktur dengan baik akan mempengaruhi atau meningkatkan rangking blog pada mesin pencari.

Lalu, kenapa kita harus repot-repot amat untuk memperbaiki struktur data blog yang rusak?

Kan tadi udah saya singgung diatas. Gimana sih om?

Struktur data yang terstruktur dengan rapih dan bagus dapat membantu Anda meningkatkan pengunjung blog secara signifikan melalui mesin pencari google dengan hanya cukup memaksimalkan Knowledge Graph Panel, Rich Snippets dan hasil nya pun juga akan meningkatkan CTR (Click Through Rate) pada blog Anda hingga 30% dari biasanya.

Jika CTR Blog meningkat, siapa yang senang dan siapa yang untung? Bukankah kita? Karena semakin CTR meningkat dari biasanya maka konten blog kita pun semakin berkualitas dan menarik minat orang calon pengunjung blog yang ingin melihat konten kita muncul pada halaman pertama google.

Oke next..

..Kita lanjut lagi ke tren seo keempat.

Back to Content ↑

4. SEO Voice Search: Penelusuran Suara melalui Google Voice semakin Dominan.

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Masih inget kan ya sama iklan dengan kalimat: OK Google?

Nah…

..berdasarkan data yang beredar melalui forum seo dan grup seo pada google plus membuat saya penasaran yang saya juga saya dapatkan melalui laman thecrazyperfect.com, backlinko.com, sevenangel.id dan juga google menuturkan bahwa 20% (diibaratkan 100%) pengguna smartphone menggunakan google voice search untuk melakukan penelusuran kepada mesin pencari google, 55% remaja dan 40% orang dewasa hampir setiap hari menggunakannya. Terlebih lagi para traveler yang nggak mau ribet ngetik sana sini karena lebih cenderung menggunakan voice search yang caranya sangat simple.

Sisanya dari kalkulasi diatas yang awalnya 20% diibaratkan menjadi 100% yang 95% nya adalah menggunakan google voice search dan sisanya adalah 5% merupakan para pengguna yang browsing melalui pc dan laptop.

Bisa dibilang ini cukup mengherankan..

..tapi ada 1 artikel yang mungkin bisa membuat rasa heran Anda terjawab akan faktanya. Artikel tersebut berjudul: Voice Search SEO: How to Optimize in 2018.

Dan saya juga pun pernah menggunakan google voice, karena memang sangat membantu banget kalo lagi males ngetik. Pernah beberapa pengalaman ‘Saya seperti orang gila’ yang ditertawakan ngakak oleh adik saya, huhh nasib. Tapi…

..Saya pun mendapatkan konten terbaik apa yang saya katakan pada google voice! Bodo amat lah mau diketawain kek atau apa kek hahaha

Nah, cara optimasi blog kita untuk hasil penelusuran suara di mesin pencari google ternyata masih ada sangkut pautnya dengan Rich Snippets, Meta Description dan LSI (Latent Semantic Indexing).

Kita mulai dari LSI..

Sebenernya apa sih pengertian LSI (Latent Semantic Indexing)?

LSI atau Latent Semantic Indexing adalah Sekelompok kata kunci atau keyword yang timbul akibat relevansi nya Keyword utama yang ditargetkan pada sebuah Blog atau Website.

Relevansi nya yang dimaksud bisa berupa Sinonim atau Persamaan kata dari Keyword Utama yang bisa juga berupa sekelompok kata kunci yang memiliki topik pembahasan yang sama atau relevan atau saling berhubungan.

LSI juga merupakan sekelompok kata kunci atau keyword sangat dekat dan relevan terkait dengan keyword utama.


SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Kita ambil contoh, ketika Anda mencari bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog dengan mudah yang Anda lakukan sebagai cara terbaik untuk meningkatkan omzet penjualan bisnis secara signifikan. maka LSI wajib disisipkan pada setiap paragraf.
SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

…dan gambar diatas adalah beberapa LSI dari topik yang sama muncul merupakan sebuah hasil dari algoritma rankbrain yang disebut sebagai artificial intelligent.

Lalu.. Bagaimana Cara mudah Menyisipkan LSI kedalam Artikel?

Teknik SEO melalui sebuah artikel dan menyisipkan keyword belum lah sepenuhnya mudah untuk dipahami dan hal tersebut adalah sebuah eksperimen yang sangat luar biasa.


Saya sendiri..

Dalam beberapa kesempatan dalam membuat konten (termasuk konten ini) selalu berusaha menyisipkan keyword yang relevan dengan keyword utama dengan formula sebagai berikut:

  1. Keyword utama sebesar 2,5% dari jumlah kata keseluruhan
  2. Keyword Turunan (LSI) atau Sinonim dari Keyword utama maksimal sebesar 5% dari jumlah kata keseluruhan.
Nah.. kata kunci utama harus berada pada paragraf pertama dan beberapa kata kunci turunan pada paragraf kedua dan juga ketiga. Kemudian selebihnya pada setiap 100 – 150 kata baru dilanjut dengan kata kunci utama yang ditargetkan dengan disusul oleh kata kunci turunan atau LSI.

Hal diatas merupakan salah satu Teknik Keyword Mapping terbaik yang dilakukan secara natural, ingat NATURAL atau ALAMI.

..dan efeknya sangat bagus untuk membantu meningkatkan rangking blog di mesin pencari dan ini artinya Anda telah memahami salah satu faktor terbesar peringkat google.

Aduhh, masih bingung nih korelasi nya google voice search dengan LSI!

Tenang kawan.. tenang…

LSI pada umumnya terdiri dari 4-8 kata, dan orang yang menggunakan voice search pada umumnya menyebutkan kata kunci sebanyak 3-10 kata. Dan jika keyword yang Anda targetkan ternyata tepat pada orang yang menggunakan google voice tersebut.

Damn! bisa jadi konten Anda berada di peringkat atas halaman pertama google. Masih nggak percaya? Silahkan Anda baca dan pahami artikel yang udah saya sebutkan diatas dengan judu: Voice Search SEO: How to Optimize in 2018.

Solved? Oke kita lanjut ke tren seo kelima..

Yang sabar ya, saran terbaik dari saya, Bookmark Postingan ini! karena Anda nggak akan cukup membaca dalam waktu yang cepat tanpa sambil mempraktekannya langsung!

5. SSL (HTTPS): Sebuah Cara Mendapat Kepercayaan Lebih dari Pengunjung dan Google.

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Masih ingat kan belum lama ini Google memberikan Hadiah berupa HTTPS Let's Encrypt untuk blog custom domain, saya agak lupa kapan tepatnya tanggal release resmi itu hadiah kepada blogger yang blog nya udah custom domain. Yang pastinya fitur HTTPS tersebut GRATIS!

Yang pasti, sebenernya https itu sudah tersedia sejak lama namun bukan untuk custom domain melainkan untuk blogspot dan tren seo kelima ini ternyata saling berhubungan dekat dengan LSI.

Kok bisa? Why? Perasaan nggak deh! kan LSI sama Https itu berbeda pak.

Iya memang beda, tapi sebuah konten blog yang sudah ditargetkan dengan LSI tanpa SSL Certificate itu pasti Anda belum 100% percaya. ya kan? Ngaku aja udah gpp kok!

kecuali..

Konten blog tersebut memiliki banyak share dan puluhan atau ratusan komen positif baru bisa dipercaya karena konten tersebut adalah Konten Berkualitas dan Bermanfaat. Ya kan? Ngaku aja udah deh, kalo boong nanti jadi Jomblo mulu dah hehe

Back to Content ↑

Saya rasa masih ada banyak blogger yang belum mengetahui apa itu http https.

..dan inilah Pengertian HTTPS (SSL Certificate)!

Apa itu HTTPS?


HTTPS adalah sebuah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang merupakan sebuah Protokol keamanan sebuah situs bagi pengunjung blog atau situs tersebut dengan tujuan memberi kenyamanan dan keamanan terhadap data yang ada pada gadget miliknya tanpa terkena virus apapun saat browsing pada situs tersebut.

Udah paham belum? Saya rasa seharusnya sih udah paham.

Nah..

Disisi lain google sering kali mengkampanyekan HTTPS Everywhere agar semua blog atau website menggunakan Protokol HTTPS. Google sangat suka dan mempercayai blog/website yang memakai HTTPS. Nggak percaya? silahkan baca deh artikel google yang berjudul: Mengamankan Situs Anda dengan HTTPS (Melindungi situs dan pengguna Anda).

Bukan Cuma masalah keamanan aja, HTTPS juga udah menjadi salah satu Faktor SEO yang mempengaruhi rangking blog di SERPs. Jadi diantara Anda, siapa yang nggak mau blog custom domain nya menggunakan Https? Jawab di kolom komentar dan kasih alasannya!

Anda udah ngerti kan kenapa https itu masuk kedalam perkembangan tren seo tahun 2018 ini? Good!

Oke kita lanjut lagi ke tren seo ketujuh..

..sebelum lanjut, biar kepala nggak pening, jangan lupa sruput dulu tuh kopi atau teh anget nya. jangan sampe dingin, nggak enak!

Back to Content ↑

7. Personal Branding: Membangun Brand Awarness Blog

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Maksudnya gimana sih membangun Brand Awarness Blog atau Personal Branding itu?
Dan.. kok bisa masuk kedalam tren seo tahun 2018 ini? Lalu apa hubungan nya sama blog?

Sabar bro, sabar mba, sabar mas, Sabar. ini saya mau jelasin semuanya!

Jadi…
…kenapa Blogger harus tahu mengenai Personal Branding?


Udah bukan lagi menjadi rahasia umum bahwa jutaan bahkan belasan juga blog sudah beredar saat ini. Diantara belasan juta blog itu, sekitar 30% dari jumlah tersebut terdapat blogger yang mencuri perhatian yaitu blogger yang menerapkan dan membangun Personal Branding pribadi mereka (termasuk blog) secara efektif.

Siapa aja contohnya?

inilah daftar Blogger Terbaik, Terkenal dan Paling Fenomenal di Indonesia sepanjang masa!

  1. Admad Khoirul Azmi – buka-rahasia.blogspot.com
  2. Isnuansa Maharani – Isnuansa.com
  3. Priangga Otviapta – Priangga.web.id
  4. Evrina Budiastuti – Evrinasp.com
  5. Handiko Rahman Pebrianto – Handikoo.com
  6. Kang Ismet – Kangismet.net
  7. Sugeng Riyadi – Sugeng.id
  8. Darmawan – Panduanim.com
  9. Hengki Kristiato – Hengkikristianto.com
  10. Eka Lesmana – url blog nya lupa hehe
  11. Duto Sri Cahyono – Omkicau.com dan Simomot.com
  12. Ardyan Fitra Azyus – Pitoong.com dan Cloudmediabiz.com
  13. Raditya Dika – Radityadika.com
  14. Jika Anda tahu, Tambahkan sendiri dikolom komentar. Nanti saya update!

Dari 13 nama blogger paling fenomenal sepanjang jalan kenangan diatas, 3 diantaranya saya dapatkan dari sebuah artikel yang berjudul: Daftar Blogger Indonesia yang Sukses Tanpa Google AdSense dan artikel tersebut merupakan milik dari salah satu pakar seo di Jakarta dan juga merupakan bagian dari Komunitas Blogger Jakarta yaitu Reza Aditya.

Nah…
…para blogger sukses dan terkenal diatas semuanya menggunakan Personal Brand secara efektif dan juga tepat pada sasaran, sehingga nama mereka menjadi fenomenal di negeri tercinta kita ini.

Lanjut..

Jika Anda mengklaim diri Anda sebagai Blogger Profesional (atau mungkin ini menjadi impian Anda) udah tepat waktunya untuk memahami dan menerapkan personal branding secara efektif sesuai target yang telah Anda tentukan.

Lalu..

..Bagaimana Personal Branding bisa Membantu Blogger menjadi lebih Sukses dan Populer?

Dan apa sih yang membuat personal branding ini penting untuk Anda ketahui?

Nyok kita ulas!

1. Perhatikan Penampilan: The Beauty Looks to make Love

Pernah kah Anda berpikir kenapa seseorang dapat dengan mudah mendapatkan banyak relasi atau jaringan? Contoh lain..

..kenapa Wanita Cantik bisa sangat mudah mendapatkan banyak penggemar? Karena cantik? Sexi? Mulus? Bersih? Resik? Semua hampir betul. Tapi semua itu terbungkus rapih dengan PENAMPILAN yang selalu diperhatikan olehnya.

Begitu juga dengan Blog.
..Jika Anda ingin sukses dengan hanya 1 Blog Anda, maka yang pertama Anda perhatikan adalah Interface blog Anda.

Someone visit to Your Blog will see your Blog Interface, for what? For the as first impression!

Ketika orang yang berkunjung ke blog Anda, kesan pertama yang mereka lihat adalah Penampilannya. Rapih kah? Berantakan kah? Kebanyakan pengunjung akan kabur saat melihat tampilan blog yang nggak rapih dan menarik. That’s true and it fact!

Jadi..

..Pilih lah Themes atau Template Blog yang menarik, rapih, responsive di semua device dan Loading yang cepat. Tuh kan balik lagi ke Loading blog.

So?, Next point..

2. Penyampaian Pesan: Buat Pengunjung blog RINDU akan tulisan Anda.

Blog bisa memiliki jenis konten.

Tapi..

..Jika Konten utama blog Anda adalah Tulisan, maka ini jadi hal sangat penting. Sebagai blogger profesional, tentu saja pesan pada tulisan Anda harus jelas dan mudah dipahami.

Dengan begitu..

Semua pengunjung blog Anda sangat mudah terbawa ‘arus’ mengikuti informasi yang Anda sampaikan dengan kata lain adalah Konten Blog yang Informatif.

Sedikit polesan saja dengan gaya tulisan Anda sendiri itu sudah cukup untuk membuat semua pengunjung blog Anda haus, haus dan sangat RINDU akan tulisan Anda yang sangat informatif.

3. Kredibilitas Informasi: Original dengan Referensi Terbaik dan Terupdate

Ini juga penting. Konten blog yang dibuat tanpa memiliki banyak referensi terpercaya akan sangat sulit untuk dipercayai pengunjung blog. Lalu apakah konten saya yang satu ini terpercaya? Silahkan Anda nilai sendiri sesuka hati Anda.

Contoh:

Ada dua blog yang membahas mengenai Tips Diet Sehat dan Cepat Menurunkan Berat Badan. Dua blog tersebut membahas topik yang sama, namun blog yang satu membuat konten sesuai dengan isi ‘kepala’ sendiri tanpa mencari referensi data valid. Sedangkan blog yang kedua membuat konten tersebut dengan pengalaman sendiri dan menggunakan banyak referensi dari para ahli kesehatan, kedua blog tersebut juga dilengkapi gambar.

Jadi mana yang dapat dipercaya? Blog kesatu kah? Mungkin saja, jika dia sudah mencoba nya sendiri menggunakan tips yang dia tulis, tapi apakah dia benar mencobanya? Saya rasa Tidak. Karena hanya segelintir orang saja yang mau melakukan hal tersebut untuk membuat sebuah konten berkualitas.

Lalau bagaimana dengan blog kedua? Bagi saya, Sangat Terpercaya walaupun sang penulis belum pernah mencoba namun dia membuat artikel berkualitas yang didukung oleh banyak referensi dari para ahli kesehatan dan orang-orang yang pernah sukses menurunkan berat badan dengan cara diet sehat tersebut.

Nah.. blog mana yang lebih terpercaya? Tentu saja yang kedua.

sebuah data valid yang kredibel sangat berpengaruh kepada sebuah blog, selain meningkatkan kepercayaan pengunjung blog, google pun akan ‘cinta’ kepada blog tersebut dan memberikan rangking terbaik pada mesin pencari. Dan maksud dari kata original adalah hasil tulisan Anda yang diketik sendiri bukan hasil COPAS.

Jadi..

..Mulai saat ini buat lah konten yang disukai pengunjung dengan dukungan data yang valid dan terpercaya. Setuju?

4. Daya Tarik: Keunikan dari Sebuah Blog

Keunikan yang membuat Anda berbeda dengan Blogger Profesional lainnya sangatlah penting untuk dicari dan mengerti. dengan demikian para calon pembaca akan sangat memahami kenapa mereka harus membaca blog Anda, bukan blog milik blogger lain.

Jadi..

..Apa yang membuat blog atau Konten Anda terlihat unik dan menarik? Carilah semua itu, terapkan lah semuanya, dan sampaikan kepada dunia bahwa Blog Anda pantas dikunjungi dan sangat terpercaya.

Nah..

..dari 4 pemahaman personal branding diatas, apakah 1, 2, atau 3 sudah diterapkan? Atau mungkin keempat nya udah sangat dipahami dan juga udah diterapkan? Jika iya, lanjutkan dan teruslah berkarya serta jangan pernah katakana ‘saya nyerah’ karena itu pasti terjadi.

Karena..

Pemahaman Blogger tentang Personal Branding akan menyingkat waktu yang Anda butuhkan untuk membangun relasi atau jaringan online kepada banyak kalangan.

Relasi online adalah sebuah Modal Awal yang sangat berharga untuk Blogger Profesional yang mempunyai niat besar ingin sukses hidup dan mendapatkan penghasilan besar dari internet.

Saya rasa Anda sudah paham mengenai Personal Branding, that’s clear..?

Back to Content ↑


…yuk kita lanjut ke Tren seo kedelapan!

8. Konten Berkualitas: Always be King!

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Nah kan balik lagi ke konten berkualitas.

Kok poin ini ditaro paling terakhir min? bukan nya ini harus nomor 1 ya?

Saya sangat sengaja menaruh poin konten berkualitas di nomor terakhir, kenapa? Jika saya taro di nomor 1, dipastikan setelah Anda membaca artikel ini pasti akan lupa mengenai apa itu konten berkualitas.

Saya rasa udah nggak asing lagi bagi Anda mengenai kata ‘content always be king’ alias konten selalu menjadi raja dari sebuah blog.

Ya itu benar, 10 juta untuk Anda..!
…Silahkan cairkan melalui rekening bank Anda.

Menurut google..

Konten berkualitas adalah sebuah konten yang memiliki jumlah kata mencapai 2000 kata, ya itu benar. Tapi itu hanya untuk menunjang rangking yang lebih bagus pada mesin pencari, bukan untuk pengunjung blog!

Nggak sedikit blogger (apakah Anda termasuk?) yang mengatakan bahwa 'Panjang Artikel itu Tidak Penting', ya itu juga benar. Tapi apakah Anda bisa dan yakin membuktikan kepada saya bahwa konten tersebut disukai oleh pengunjung blog Anda? Jika bisa dan sangat yakin, bagus dan segera lah lakukan hal tersebut. Saya tunggu dan hubungi saya melalui melalui halaman kontak pada blog sederhana ini, tuh link nya ada di paling atas samping kanan tulisan ‘tentang bacalagers’.

Oke lanjut…
..Jadi,

Apa sih Arti atau Makna sebenarnya dari Konten Berkualitas?


Sebelum saya jelaskan..

silahkan Anda nilai sendiri apa yang akan saya jelaskan, mau percaya atau nggak percaya itu adalah pilihan Anda. Saya hanya ingin berbagi pengetahuan yang saya miliki karena saya nggak mau hanya pengetahuan tentang semua ini hanya berhenti di saya sendiri, sebelum saya mempublish konten ini, sudah dari awal desember 2017 saya melakukan riset untuk menyusun artikel ini.

Berikut ini adalah Pengertian Konten Berkualitas yang sebenarnya..

Konten Berkualitas adalah sebuah Karya yang diciptakan oleh manusia baik itu berupa Artikel, Buku Bacaan, Gambar, Video, Produk berupa Barang atau Inovasi Terbaru yang Sangat Bermanfaat, Berguna yang diciptakan dengan penelitian dengan didukung oleh data informasi valid dan diterangkan secara jelas serta mudah dipahami oleh orang lain dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi atau Kebutuhan Penting yang sedang diperlukan dan membuat orang tersebut bahagia akan masalah nya terselesaikan dengan mudah dalam kurun waktu yang cukup singkat.

Contoh sederhana:

Anda sedang membutuhkan sebuah bukti bahwa pacar Anda sedang selingkuh dengan mantan nya yang sangat cantik atau tampan direstoran sambi suap-suapan, apa yang Anda perlukan untuk membuktikan hal tersebut bahwa itu benar atau bohong bukan? Anda sangat penasaran akan hal tersebut!

Dan..

Anda pun bekerjasama dengan dua sahabat untuk menjadi ‘mata elang’ untuk mengikuti dan memfoto pacar Anda direstoran yang izin kepada Anda bahwa dia mau jumpa sama ‘teman lama’ nya. Nah, apa konten yang terkandung dalam contoh diatas?

Yaps!

Konten nya adalah Ide Brilian Anda, Pacar Anda dan Hasil Foto oleh Sahabat Anda. Tapi anda akan lebih percaya kemana jika Pacar Anda telah jujur dan bersumpah kalo dia nggak selingkuh, sedangkan dua sahabat Anda berhasil memfoto pacar Anda sedang suap-suapan sama mantan nya yang Anda kenal. Konten mana yang membuat Anda percaya? Ide Brilian, Pacar Anda atau 2 Sahabat Anda? 

Pasti Ide Brilian dan 2 Sahabat Anda bukan? dan dua hal itulah yang menjadi Konten Berkualitas!

Sudah paham? Seharusnya sampe sini udah paham ya, kalo belum paham coba baca lagi dengan teliti dan jangan sampe ada yang terlewat.

Kesimpulan


Nah…

Dari 8 Perkembangan Terbaru SEO di Tahun 2018 ini, apakah yang menjadi Faktor Paling Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog?

inilah Faktor Paling Utama dan Sangat Berperan Penting terhadap Kesuksesan SEO sebuah Blog!

SEO 2018: 8 Tren Terbaru dan Faktor Utama Kesuksesan SEO sebuah Blog!

Udah nggak asing lagi dan sudah saya singgung diatas..

...Pasti banyak diantara Anda yang mengetahui bahwa:

Faktor Kesuksesan SEO Blog adalah..
  1. SEO Onpage
  2. dan SEO Offpage

Kelengkapan dari dua poin diatas apa ya bro? silahkan cek diawal artikel ini, kalo Saya bahas lagi dibawah sini, ini konten nggak akan kelar-kelar. Jika Anda berpikir bahwa dua poin diatas adalah Faktor kesuksesan blog adalah benar.

Tapi…. Bukan Faktor utama dan Paling Berperan!
Lalu apa faktor paling utama dan paling sangat berperan dalam kesuksesan seo sebuah blog?

Jadi….

Faktor Utama dan Paling Berperan dalam Kesuksesan SEO sebuah Blog adalah KONTEN BERKUALITAS.


Kenapa bisa?

Karena jika Blog yang telah dioptimasi dengan SEO namun tanpa adanya Konten Berkualitas maka sama saja dengan ‘Sayur tanpa Garam’.

Saya rasa..
Artikel ini telah selesai, menurut Anda bagaimana dengan Ulasan Mengenai Perkembangan Tren Terbaru SEO Tahun 2018 ini?

Sekian..
..dan Terima Kasih, Happy Blogging!

Baca juga:


WAJIB DIKETAHUI!
Iklan yang tampil pada halaman Situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan Slot Kosong. Jadi jika ada iklan yang kurang berkenan untuk Anda, harap informasikan kepada kami melalui Formulir Kontak Situs ini untuk selanjutnya akan Kami sampaikan ke pihak Google, Terima Kasih!
Jika Anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Klik Donasi. Dengan Membaca Bismillah, Dana hasil dari Donasi yang Anda berikan akan digunakan untuk Bersodaqoh kepada Kaum Dhuafa dan Anak Yatim setiap Bulannya, Semoga Rezeki yang telah Anda berikan mendapat Balasan yang setimpal oleh Allah SWT, Amin. Terima kasih..
Admin
Adalah Tempatnya Panduan Blogger dan Belajar SEO untuk Pemula, Berita Teknologi Terbaru Seputar Smartphone Terbaru dan Tips Gaya Hidup Sehat.

Loading...

Load comments
close